Peduli Kebudayaan

M. ANWAR selaku Wali Kota Jakarta Timur rajin meresmikan festival-festival kebudayaan di berbagai tempat di kota yang dipimpinnya. Hal itu sesuai dengan arahan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan agar kota Jakarta melestarikan dan mengembangkan keberagaman budaya.

Pejabat yang memulai karir sebagai birokrat di lingkungan Pemprov DKI Jakarta pada 1998 ini, menilai pelaksanaan festival selain berdimensi budaya juga dapat menggerakkan ekonomi masyarakat. Seperti yang diungkapkannya dalam peresmian Festival Djadoel Condet. “Festival ini dapat mengangkat ekonomi kerakyatan dan memfasilitasi peletarian budaya Betawi. Sebab, di kawasan Condet banyak menyimpan peninggalan sejarah, seperti keberadaan 13 perguruan silat dan sanggar seni budaya,” ungkap Anwar, Sabtu, 2 November 2019.

Kegiatan Festival Djadoel Condet di Lapangan Bulak Rante, Kelurahan Tengah, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur. Acara itu berlangsung selama dua hari, 2 – 3 November 2019. Terdapat sebanyak 200 stand yang menjual berbagai macam kuliner khas Betawi, atau pernak-pernik aksesoris serta fesyen yang mengangkat budaya Betawi.

Selain Festival Djadoel Condet masih ada festival-festival bertema kebudayaan yang rutin digelar di kawasan Jakarta Timur. Seperti Kanal Banjir Timur (KBT) Festival di Kelurahan Pondok Kopi, Kecamatan Duren Sawit, Festival Layur, dan lain-lain.

Anwar menambahkan, beragam festival yang digelar juga dapat meningkatkan persatuan dalam kebinekaan. Seperti yang ditunjukkan pada KBT Festival dalam rangka menyambut HUT RI ke 74 lalu. Dalam acara itu, saat pembacaan doa, unsur umat Islam, Kristen, Hindu, dan Budha semua hadir dalam rangka membuktikan kebinekaan, khususnya di lingkup Jakarta Timur.

Sekadar informasi, sebelum menjabat Wali Kota Jakarta Timur, M. Anwar yang lahir pada 28 Mei 1966, menjabat Wakil Bupati Kepulauan Seribu dan Wakil Wali Kota Jakarta Timur. Beliau dilantik oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai Wali Kota Jakarta Timur menggantikan Bambang Musyawardana pada 5 Juli 2018.

Anwar berharap, melalui gelaran festival budaya di seluruh wilayahnya, warga dapat semakin kompak dan meningkat kesejahteraannya. Selain itu, budaya lokal juga tetap lestari.  (Kur)

Share This:

You may also like...