Paket Wisata Raja Ampat

Raja Ampat di Papua Barat sudah sangat terkenal ke seantero jagad dan impian banyak traveler. Hanya saja sarana dan prasarana menuju destinasi bahari yang menawan ini masih terbatas disamping biaya yang konon relative mahal. Cara termudah dan tentu juga lebih murah adalah dengan ikut paket tur. Sejumlah travel agent yang bisa anda hubungi sebagaimana direkomendasikan detik travel antara lain:
Kakaban Tour, dengan kunjungan selama 6 hari 5 malam senilai Rp 17 juta all in. Harga tersebut termasuk tiket pesawat pulang pergi, transportasi darat dan laut pulang pergi, dan pin masuk Raja Ampat. Juga termasuk akomodari di Misool Eco Resort atau penginapan sesuai pilihan paket, makan selama trip, asuransi perjalanan dan guide lokal.

wisata raja ampat
Travel lainnya adalah Raja Wisata dengan harga fleksibel, mulai Rp 5,5 juta sampai Rp 15 juta. Harga paket tersebut belum termasuk tiket pesawat. Tapi, sudah termasuk transportasi PP Bandara Sorong ke Pelabuhan Sorong, transportasi kapal cepat dari Pelabuhan Sorong ke Waisai, dan penginapan di Raja Ampat Diver Resort dan makan sebanyak 9 kali.
Sementara Bayu Buana Travel menjual paket 4 hari 3 malam, dengan dua opsi , menginap di Raja Ampat Lodge 2 hari dan 1 hari di Mariat Hotel senulai Rp 8.470.000 (per orang, minimum 20 pax) dan Rp 8.140.000 (per orang, minimum 25 pax). Atau, menginap di Waiwo Dive Resort, Maras Risen, Acropora, Waisai Hotel untuk 2 malam dan 1 malam di Mariat Hotel dengan harga Rp 5.995.000 (per orang, minimum 20 pax) dan Rp 5.720.000 (per orang, minimum 25 pax). Harga tidak termasuk tiket pesawat.
Mahal memang. Lalu bagaimana jika ditempuh ala backpacker? Gak masalah. Ongkos penerbangan termurah Jakarta-Sorong (PP) sekitar Rp 4 juta per orang dengan waktu tempuh enam jam karena harus transit di Makassar dua jam. Setiba di Bandara Domine Eduard Osok, Sorong, wisatawan bisa menggunakan angkutan kota menuju Pelabuhan Sorong yang hanya berjarak 10 menit dari bandara, cukup dengan ongkos Rp5.000. Atau menggunakan ojek, Rp15.000 dan Rp100.000 jika menggunakan mobil sewaan.
Dari pelabuhan, menggunakan kapal feri yang hanya berangkat pukul 14.00 WIT setiap hari menuju Waisai, Ibu Kota Raja Ampat yang terletak di Pulau Waigeo dengan tarif Rp120.000. Dibutuhkan waktu tiga sampai lima jam jika menggunakan feri, tergantung tinggi gelombang laut. Jika menggunakan perahu cepat (speedboat) dengan kapasitas 20 penumpang, biaya yang digunakan jauh lebih mahal. Bisa mencapai Rp 8 juta per hari. Di Waisai, wisatawan bisa memilih home stay (rumah penduduk) Rp450.000 per malam, sudah termasuk makan. Untuk menyelam (diving) dan eksplorasi berlayar ke pulau-pulau di Raja Ampat wisatawan bisa menyewa perahu penduduk. Untuk sekali diving, biaya yang harus dikeluarkan sekitar Rp700.000. Dengan rincian rate diving sekitar Rp 450.000 per orang ditambah sewa peralatan Rp250.000 per hari. Sedangkan biaya untuk sewa peralatan snorkeling lengkap (snorkel, kaki katak, dan pelampung) hanya Rp100.000.
Nah, jika ditotal biaya perjalanan Anda ke Raja Ampat cukup sekitar Rp 7 juta saja. Atau kalau ingin lebih aman bawa duit Rp 10 juta sudah cukup.

Share This:

You may also like...