Paduan Suara Mahasiswa UMB Juara Tokyo International Choir Competition 2018

Tim Paduan Suara Mahasiswa Universitas Mercu Buana-Foto: Dokumentasi UMB.

JAKARTA—Paduan Suara Mahasiswa (PSM)Universitas Mercu Buana (UMB) kembali mengharumkan Indonesia di kancah Internasional, dengan mengukir juara dalam ajang Tokyo International Choir Competition 2018, di Tokyo, Jepang, pada akhir Juli 2018 ini.  PSM UMB berhasil mengalahkan 59 peserta dari 14 negara yang mengikuti ajang lomba ini.

Rektor UMN sekaligus, Pembina Paduan Suara, Dr Ir Arissetyanto Nugroho, MM mengatakan, Paduan Suara Mahasiswa UMB memang sudah dikenal dan ditakuti lawannya. “ Jika hendak dilihat dari prestasi yang setiap tahunnya selalu menjadi juara 1 di ajang serupa,” kata Aris dalam siaran persnya.

Pada  2014, PSM UMB menjadi jawara Canta Al Mar Internasional Choir Competition 2014 di nomor folklore, mixed dan female. Kemudian, pada  2015, PSM UMB juga menjadi juara pertama Folklore Busan International Choir Competition dengan kategori Folklore. Pada 2016,PSM UMB juara juga di Lanna Thailand Choir Competition untuk kategori folklore.

Pada kejuaraan di Jepang ini PSM UMB membawakan tiga lagu dengan sempurna, yaitu  “Gayatri”, “Si Patokaan”, serta “ Paris Berantai”. “Dari 59 peserta rival terberat adalah Filipina dan Jepang selaku tuan rumah,” ucap Aris.

Aris juga menambahkan, selain juara folklore, PSM UMB juga meraih juara kedua dalam kategori Chamber. Sehingga, PSM UMB berhasilmendapatkan trophy winner serta uang pembinaan ¥50.000.

“Saya berharap prestasi PSM UMB ini dapat memacu Universitas lainnya dalam memajukan dunia pendidikan dan menghasilkan putra-putri generasi penerus bangsa yang berprestasi. Kemenangan ini merupakan kado buat kemerdekaan Indonesia yang ke 73” tutupnya (van).

 

Share This: