Optimisme Awal Tahun

Sebagai babak baru, fase baru, lembaran baru, bahkan hidup baru. Penggalan waktu yang makin memancarkan nilai-tambah karena di dalamnya kita sisipkan spirit bernama optimisme. Di situ ada harapan (dan doa)—yang biasanya saling diucapkan dengan riang gembira—tentang capaian hasil yang lebih baik untuk rentang 12 bulan ke depan, ketimbang gugus kinerja yang baru saja kita akhiri persis di tapal batas old and new.
Januari lazim pula kita camkan sebagai benih varietas unggul yang bakal tumbuh jadi tanaman subur makmur di sepanjang habitat bernama 2015. Dengan atau tanpa rekapitulasi yang teliti dan refleksi yang mumpuni, kita seolah menisbikan keseluruhan kualitas 2014 sebagai pilihan cerdas. Pasalnya, kita menyadari dimensi pertanggungjawaban yang sesungguhnya berada di depan, bukan pada jejak-jejak yang tercecer dan menyejarah di belakang sana.
Tak ubahnya seperti yang anda hayati, pembaca yang budiman, bagi kami—keluarga besar Majalah PELUANG—Januari tentulah merupakan restarting point. Semacam penggeloraan motivasi. Setidaknya dengan acuan hadits riwayat Abu Nu’aim al Ashbahani yang betapa pun sanadnya lemah itu: “hari ini tak terlaknat karena lebih buruk dari kemarin, juga tak merugi karena sama dengan kemarin, tapi beruntung karena lebih baik dari kemarin” dalam upaya menyajikan menu laporan yang lebih bervariasi dan bermanfaat.
Itulah antara lain alasan mengapa, setelah materi edisi akhir tahun kami me-review tentang “50 Bisnis Bersinar di Tahun Kuda Kayu” yang memakan lumayan banyak space majalah, giliran PELUANG Nomor 58 pada penghulu 2015 ini untuk menderetkan beberapa topik yang cukup beragam ke dalam ruang lingkup rubrik Fokus. Topik yang dimaksud adalah perbankan, asuransi, properti, otomotif, bisnis ritel, wisata, MICE (meeting incentive conference dan exhibition), waralaba, dan agribisnis.
Berangkat dari kata kunci yang sama, pembaca yang budiman, kita memang tak punya pilihan lain yang lebih sehat selain menumbuhsuburkan dan bersekutu dengan optimisme. Inilah kapital maya terpen-ting yang selaiknya men-drive setiap pribadi, korporasi, dan institusi. Modal imanen untuk menjemput hari esok yang insya Allah lebih baik. Selamat Tahun Baru 2015.

Share This:

You may also like...