Ook Sasmitaloka, Jurus Sukses Marketing Komunikasi

Tips rahasia sukses adalah optimis, berpikir positif, memperbanyak sedekah dan senantiasa berusaha keras menjadi orang yang mampu memberikan manfaat kepada orang lain.

OOK dalam3 _rizal

Pak, ceritakan bagaimana awal perjalanan karir Bapak hingga Bapak memiliki perusahaan PT. Primaloka DJAWHARHA Prakarsa ?

Sepeninggal almarhum ayah sejak umur 6 tahun, telah menjadikan Ook Sasmitaloka atau lebih akrab dipanggil OS, tumbuh ditempa perjuangan hidup yang lumayan keras. Memaklumi kondisi ekonomi keluarga yang menjadi timpang karena sang Ibu harus juga menghidupi tiga orang kakak dan seorang adik dari uang pensiunan, menuntut bocah OS untuk menjadi sosok yang serba pengertian atas sikap dan perilaku yang harus dijaganya.

OS kecil senantiasa berpikir agar bisa membahagiakan Ibunya. yaitu dengan caranya yang tekun belajar sehingga mampu menjadi seseorang yang terbaik di antara kawan-kawan seumurnya. Seringnya menjadi juara dalam berbagai kegiatan lomba dan juga prestasi terbaik di kelasnya sejak OS duduk di bangku SD sampai kuliah di Apprentice Training IPTN Industri Pesawat Terbang Nusantara (AT-IPTN) menghasilkan beberapa beasiswa yang diterimanya sehingga telah cukup memberikan kebahagiaan serta meringankan beban sang Ibu.

Perjalanan karir OS dimulai dengan bekerja sebagai staff department Manufaturing Process and Development PT. Industri Pesawat Terbang Nusantara. Keinginan untuk dapat melanjutkan pendidikan kejenjang berikutnya di luar negeri telah mendorong OS untuk berhenti kerja di PT. Industri Pesawat Terbang Nusantara Bandung, dan mengambil peluang bekerja sebagai Supervisor Produksi di perusahaan Multinational Phillips Tuner yang berada di Negara tetangga, Singapura.

Kembali ke Indonesia pada tahun 1994 danlangsung bergabung sebagai tenaga Sales and Marketing di perusahaan pabrikan Drum dan WaterHeater merk: RHEEM asal Australia, yang saat itu dipimpin oleh Mr. Terry Yang. Dunia marketing yang digeluti membawa OS kemudian bertemu dan bergabung sebagai Sales Marketing Manager di perusahaan pabrikan furniture merk Indovickers yang dipimpin oleh Bapak Sani Loekman.

Dengan bekal pengalaman bekerja di berbagai perusahaan tersebut di atas telah membuat OS berani mencoba usaha sendiri (entrepreneur) dengan
mendirikan perusahaan bernama PT. Primaloka DJAWHARHA Prakarsa pada tahun 2002. Hubungan Personal yang telah dan tetap terbina baik selama ini dengan para superior, yakni Mr. Terry Yang (saat ini sebagai CEO perusahaan pabrikan Aluminium Extrusi merk-ALAKASA) dan Bapak Sani Loekman (saat ini masih sebagai pimpinan perusahaan pabrikan merk-INDOVICKERS) telah ditingkatkan menjadi STRATEGIC-PARTNER antar perusahaan DJAWHARHA-ALAKASA dan DJAWHARHAINDOVICKERS, yang mana telah saling memberikan manfaat bisnis satu sama lain.

Produk apa yang telah di buat PT. Primaloka DJAWHARHA Prakarsa?

Selaku PROPERTY DEVELOPMENT PARTNER, yakni mencakup beberapa pekerjaan yang diantaranya adalah, Jual-Beli dan Kontrak-Sewa property, seperti space berupa tanah maupun bangunan : Gudang, Pabrik, Perkantoran, dst. Melaksanakan pembangunan/renovasi pekerjaan Interior dan melaksanakan pekerjaan MOVING (bongkar+pemindahan+pasang) barangbarang: Lantai, Dinding, Pintu+Kusen, Atap, Furniture, Mechanical+Electrical+Plumbing, Roofing. Selaku STRATEGIC PARTNER produk Aluminium Extrusi merk-ALAKASA, melaksanakan suplai barang dan jasa instalasi produk Alumunium Extrusi beragam kebutuhan sektor industri : KONSTRUKSI BANGUNAN, OTOMOTIF, KERETA API, AEROSPACE, PEMBANGKIT ENERGI (TURBIN AIR DAN ANGIN), TRANSPORTASI, MARITIM, PRODUK REKAYASA, DIGITAL INFORMASI DISPLAY PANEL, WORKSTATION, FURNITURE, dan lain-lain, untuk pasar DOMESTIK maupun EXPORT. Selaku STRATEGIC PARTNER produk Funiture merk- INDOVICKERS, melaksanakan suplai barang dan jasa instalasi produk furniture pabrikan (misalnya : kursi, meja, workstation, kabinet, credenza, dll) untuk PERKANTORAN, HOTEL, APARTEMEN, SEKOLAH/UNIVERSITAS, RUMAH-SAKIT, dll.

Visi ke depannya, perusahaan seperti apa yang Anda harapkan?

Meningkatkan kinerja perusahaan sehingga penilaian customer kepada DJAWHARHA menjadi sebuah perusahaan yang RESPONSIF dengan output
produk yang BERKUALITAS + TEPAT WAKTU, termasuk untuk pelayanan AFTER SALES SERVICE. Sejak DJAWHARHA berdiri kita baru bisa melaksanaan proyek-proyek yang ada di beberapa Ibu kota propinsi di pulau Jawa, Bali dan Kalimantan saja. Saya menginginkan perusahaan ini bisa berperan aktif mengembangkan sayap ke seluruh Ibu Kota Propinsi di Indonesia, bahkan kalo ada peluang untuk masuk daerah, tentunya akan lebih baik.

Saya sangat setuju dengan konsep pembangunan yang merata dan mau ikut mendorong pertumbuhan di semua Wilayah. Sejak dulu sebenarnya banyak sekali perusahaan luar negeri yang ingin masuk market Indonesia. Kita akan memulai penjajakan hubungan bisnis dengan perusahaan-perusahaan international yang sudah saya kenal selama ini, misalnya perusahaanperusahaan dari Singapura, Malaysia, Cina, Eropa dst.

Mengenai dukungan pemerintah selama ini kepada dunia usaha, apakah sudah memadai?

Seringnya kita dengar instruksi percepatan dalam pengurusan dokumen apapun untuk kegiatan usaha dari para petinggi pemerintahan nampaknya perlu tindakan monitoring yang lebih serius dari pihak-pihak yang berwenang agar instruksi yang sudah dikeluarkan menjadi tidak mubadzir. Dalam hubungannya agar para pelaku usaha dapat berperan aktif dalam pemerataan pertumbuhan daerah, kadang kita rasakan sulitnya mengakses informasi mengenai daerah mana dan pekerjaan apa yang sedang dibutuhkan oleh daerahdaerah.

Mungkin ada bagusnya bila Pemerintah mulai memikirkan adanya Biro Sentral Info Rencana Pembangunan Daerah.
Bagaimana peran Perbankan dalam membantu laju perkembangan bisnis anda selama ini ?
Bahwa peran Bank untuk kegiatan usaha dewasa ini sudah pasti sangat diperlukan. Hampir di seluruh tahapan menuju transaksi dan sampai terjadinya DEAL maka tidak luput harus ada peran Bank didalamnya. Mulai dari perlu adanya Jaminan Penawaran, Jaminan Pelakanaan, Pembayaran, dst. Alhamdulillah sampai saat ini DJAWHARHA belum pernah merasakan pendanaan proyeknya dari Bank manapun. Kami masih
senang menggunakan pola komunikasi secara baik sehingga para Customer dapat memahami bahwa kelancaran pembayaran dari pihak mereka akan
berpengaruh besar terhadap ketepatan penyelesaian proyek dengan kualitas pekerjaan yang mana sebenarnya adalah menjadi target yang harus dicapai oleh mereka juga.

Adakah kiatnya dalam membangun bisnis?

Beberapa hal yang tidak saya lupakan untuk terus dijalankan, juga merupakan nasihat bagi karyawan dan anak-anak saya adalah untuk bekerja dengan selalu diawali doa, selalu bersyukur, pantang putus asa, berpikir positif, disiplin serta selalu berusaha menjadi orang yang mampu memberikan manfaat banyak untuk orang lain.

Share This: