Menu Nusantara untuk Penggila Ombak

Sebagai surganya peselancar dunia, tiga pantai Indonesia ada dalam 20 besar pantai terbaik versi Majalah Surfing Magazine yang berbasis di Australia. Pantai Uluwatu di Pulau Dewata di peringkat 4. Pantai Sibora (10), dan Pantai Nihiwatu (17).

#1. Pantai Mentawai, Sumatera Barat. Kepulauan Mentawai terletak di lepas Pantai Padang, Provinsi Sumatera Barat. Memiliki 400 spot surfing dengan tingkat kesulitan yang berbeda. 49 titik diantaranya merupakan favorit para peselancar asing Pulau Sipora yang masuk dalam daftar 20 spot surfing terbaik di dunia versi CNN Travel. Sempat luluh lantak akibat terjangan tsunami tahun 2010 lalu. Kini posisi Mentawai pulih dan kembali menjadi satu lokasi paling layak dikunjungi.

Hollow Trees atau HT atau Lance’s Right memiliki ombak berbentuk silinder (biasa disebut Right Tube). Selama 10 tahun terakhir sering muncul di majalah-majalah dan video-video berselancar dunia. Ada 3 take off yang menantang untuk bermanuver. Saat ombak yang lebih besar datang. Bagian atas ombak yang pecah (peak) akan terhubung dengan barrel secara terus menerus. Peselancar dengan keterampilan di atas rata-rata pun akan terkagum-kagum.

#2. Pantai Uluwatu, Bali. Ketinggian ombak di pantai ini mencapai ketinggian 5-8 meter. Kalangan peselancar mengenalinya dengan gelombang pendek dan kuat yang saling bersusulan. Uniknya karakter gelombang di sini menjadikan Pantai Uluwatu menempati peringkat ke-3 spot surfing terbaik di dunia versi CNN Travel. Versi lain, posisi keempat dunia. Uluwatu  hanya kalah dari Pantai Pipeline, Oahu, Hawaii; Pantai Supertubes, Jeffrey Bay Afrika Selatan; dan Teahupo, Tahiti. Pantai Uluwatu kira-kira hanya satu jam dari bandara Ngurah Rai Denpasar Bali.

#3. Pulau Nusa Penida dan Nusa Lembongan. Perairan di lokasi ini terkenal dengan kawasan menyelamnya di Penida Bay, Manta Point, Batu Meling, Batu Lumbung, Batu Abah, Toyapakeh, dan Malibu Point. Selain Nusa Penida, tempat yang memiliki gelombang ombak tinggi dan asyik dijadikan tempat surfing adalah Nusa Lembongan.

#4. Pulau Nias, Sumatera Utara. Gelombang ombaknya menggulung sempurna dengan ketinggian 4-5 meter. Pulau Nias terkenal di kalangan para surfer dunia karena memiliki dua spot surfing terbaik dunia yang disebut ”The Point” dan ”Indicator”. Keduanya tiada henti menampilkan rangkaian ombak yang luar biasa sepanjang tahun.  Tempat selancar paling terkenal di pulau ini adalah Pantai Sorake dan Lagundri.

#5. Pantai Plengkung, Banyuwangi. G-Land, sebutan populernya, memiliki ombak dengan ketinggian 6-8 meter sepanjang 2 km . Ombak di sini juga mempunyai 7 gulungan dengan interval sekitar 5 menit, akibat tekanan air laut dari Kutub Selatan. Disebut-sebut sebagai ombak terbaik kedua setelah Hawaii. Pernah jadi ajang lomba surfing tingkat internasional bertajuk “Banyuwangi G-Land International Team Challenge”. Lomba diikuti oleh 12 tim peselancar dari delapan negara.

#6. Pulau Nihiwatu, Sumba Barat. Pantai Nihiwatu terbentang sepanjang 2,5 km. Peselancar di sini menikmati paduan antara alam yang cantik, keunikan budaya, keramahan penduduk lokal, di samping sensasi mengendarai tantangan ombak. Dikenal dengan julukan Left God Waves. Pihak resort sebagai pengelola tunggal Pantai Nihiwatu membatasi hingga 10 surfer saja yang boleh berselancar di Nihiwatu secara bersamaan. Ini dilakukan untuk menjaga privasi dan demi kenyamanan pengunjung hotel lainnya. Waktu surfing terbaik April—Desember.

#7. Pantai Tanjung Setia, Lampung. Pantai ini dikenal jauh lebih baik di kalangan turis mancanegara dibanding masyarakat lokal. Ombak di pantai ini termasuk salah satu yang tertinggi di dunia. Posisinya berhadapan langsung dengan Samudera Hindia menjadikannya demikian. Ombaknya bisa mencapai tinggi 6-7 meter dengan panjang 200 meter.

#8. Pantai Watu Karung, Pacitan. Baik surfer dengan goofy style maupun natural bisa berselancar di sini karena Pantai ini memiliki ombak kanan dan kiri. Tempatnya juga belum terlalu ramai, sehingga surfer bisa mengejar ombak kian ke mari dengan leluasa. Angin offshore, yang biasanya datang pada bulan April–Oktober, menjadikan masa ini adalah saat terbaik untuk bercengkerama dengan barrel Watu Karung.

#9. Pantai Ombak Tujuh, Sukabumi. Ombak yang tinggi, memanjang dan pecah ditepi pantai. Selain bisa menikmati orang bermain surfing, atau Anda sendiri menjajal surfing untuk merasakan sensasi ombak yang bergulung dan berjumlah tujuh.●(dd)

Share This: