Menkop Yakin UMKM Topang Ekonomi di Tengah Wabah Corona

Ilustrasi-Foto: Merdeka.

JAKARTA—Menteri Koperasi UKM Teten Masduki mengatakan, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah menjadi penopang ekonomi nasional dalam situasi yang tidak menentu akibat Virus Corona. Sementara usaha-usaha besar menunggu situasi membaik untuk pengembangan bisnis dan investasinya.

“Sementara UMKM tetap dinamis,” ujar Teten di Jakarta, Kamis (5/3/20).

Dalam situasi krisis, UMKM menjadi andalan dalam penyerapan tenaga kerja, mensubstitusi produk-produk konsumsi atau setengah jadi. Saat ini menjadi momentum agar masyarakat membeli dan mengonsumsi produk UMKM.  

“Masyarakat tidak perlu panik kekurangan barang konsumsi. Sebab, UMKM mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat,” ucap Teten seraya mengatakan UMKM, khususnya mikro bagian dari kegiatan ekonomi sehari-hari.  

Dia mencatat jumlah usaha mikro ini mendominasi skala usaha di Indonesia yang jumlahnya mencapai 63 juta unit, sedangkan usaha kecil mencapai 783.000 unit.  

Karena itu, pemerintah akan terus memastikan usaha mikro dan kecil tetap berjalan dan semakin kuat, dalam kondisi perekonomian yang tidak menentu sekalipun. 

Share This:

Next Post

Lewat Miwai, Kurnia Afiati Berdayakan Petani Lembang

Jum Mar 6 , 2020
JAKARTA—-Setahun yang lalu seorang ibu rumah tangga di Kelapa Gading bernama Kurnia Afiati memutuskan berwirausaha.  Usaha ini di bidang minuman ini sebenarnya dirintis seorang anaknya bernama Ikshan, yang meninggal setahun lalu. “Anak saya mempunyai cita-cita memberdayakan petani di Lembang. Dia ingin seperti petani di Bangkok yang menjadi komoditas buah mendunia, […]