Menko Perekonomian Sebut Inflasi Masih Terkendali

Darmin Nasution-Foto; Katadata.

JAKARTA—-Laju inflasi nasional diproyeksikan masih tetap stabil. Sekalipun saat ini terjadi kenaikan permintaan harga barang pokok disertai dengan adanya kenaikan barang. Namun kata Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution hal itu masih wajar dan tidak berpengaruh terhadap inflasi.

Darmin mengakui hingga akhir Mei, harga komoditas terutama cabai dan bawang putih itu masih tinggi, naik.

“Saya berharap menjelang lebaran ini harganya turun karena panen sudah dimulai,” ucap Darmin di Jakarta Selatan, Rabu (5/6).

Dia menyebut pada Ramadan tahun ini inflasi tidak jauh berbeda dengan laju inflasi Ramadan tahun lalu, yaitu sekitar 0,59 persen.

“Inflasi tidak akan jauh dari seperti di tahun lalu. Sekalipun meleset, tetapi tidak akan jauh,” ujar.

Menurut dia pendorong inflasi dari bahan pokok, khususnya komoditas pangan seperti bawang putih dan cabai tidak akan mendorong inflasi dalam jangka panjang. Sebab, ketika pasokan ditambah, maka harga serta merta akan menurun dan bahkan menyumbang deflasi.

“Kendati pada bulan-bulan tertentu kelompok bahan makanan mengalami inflasi tinggi, pada bulan-bulan yang lain akan menyumbang deflasi. Dengan demikian inflasi secara rata-rata selama satu tahun akan relatif stabil,” tutur Darmin.

Lanjut Darmin persoalan inflasi belum selesai. Terutama dari akibat adanya kenaikan tiket pesawat yang telah berlangsung sejak akhir tahun lalu. Kendati tarif batas atas (TBA) pesawat telah diturunkan, penurunan tersebut tidak mengembalikan posisi harga seperti semula.

“Kenaikan tarif pesawat itu memberikan pengaruh terhadap sektor pariwisata. Sementara sektor pariwisata justru dijadikan pemerintah saat ini sebagai salah satu penyumbang devisa sekaligus penopang pertumbuhan ekonomi di daerah,” tutup Darmin.

Share This:

You may also like...