Mendongkrak Daya Pikir Kreatif

Jangan remehkan dua hal sepele ini. Yaitu sempatkan nonton saban minggu dan nikmati liburan. Manfaatnya bisa tak terduga. Refreshing semacam itu positif memicu munculnya bibit-bibit ide kreatif.

ANDA mungkin merasa awam dengan berpikir kreatif di dalam karier dan dunia bisnis. Boleh jadi karena menganggap tidak memiliki kesempatan untuk berpikir kreatif karena banyak faktor di lingkungan kerja. Padahal, berpikir kreatif dapat dilakukan di mana saja, kapan saja, tak kecuali di lingkungan kerja

Esensi berpikir kreatif itu berusaha melihat sesuatu dari kacamata dan perspektif yang berbeda. Dengan cara ‘aneh’ seperti itu, anda mampu menangkap kesempatan-kesempatan yang tidak biasa dan mengkonversinya menjadi keuntungan. Kemampuan berpikir kreatif ini dapat dilatih dan berkembang seiring berjalannya waktu. Berikut beberapa cara tak terduga untuk meningkatkannya.

Bekali diri dengan kekayaan pengetahuan. Untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif, menambah wawasan tentang hal penting yang terjadi di dunia. Pengayaan pengetahuan merupakan keniscayaan. Ada banyak cara untuk memperluas wawasan. Misalnya, ikut di dalam diskusi-diskusi, mendatangi berbagai seminar dan kelas pelatihan. Jangan lupa satu hal sederhana yaitu membaca.

Selain membaca topik-topik yang memang anda sukai, tidak ada salahnya anda membaca berita dan cerita di luar bidang yang disukai untuk memperkaya pengetahuan dalam arti luas.  Seseorang yang memiliki kemampuan berpikir kreatif yang baik dapat melihat dunia dari berbagai perspektif. Dengan banyak membaca, anda akan mengerti suatu hal dari berbagai perspektif.

Tulislah apa pun, setiap hari. Anda tidak dituntut untuk menulis sebuah cerpen atau novel misalnya. Menulis mungkin terasa sulit bagi mereka yang belum terbiasa. Tetapi, percayalah, menulis dapat melatih kemampuan berpikir kreatif. Beberapa orang bahkan memiliki imajinasi yang sebenarnya pantas untuk dituangkan ke dalam sebuah tulisan. Dengan membiasakan menulis, otomatis anda akan melatih diri untuk berimajinasi dan berpikir kreatif. Tidak perlu panjang-panjang. Lupakan struktur penulisan dan lain-lain. Mulai saja kebiasaan bagus ini dengan menuangkan 300–500 kata setiap hari.

Sempatkan nonton film saban minggu. Siapa yang tidak menyukai film dan menonton bioskop? Film memiliki caranya sendiri untuk mengaktifkan kemampuan berpikir kreatif seseorang. Duduk di kursi yang nyaman dengan layar yang besar, disertai dengan film pilihan, tentu dapat membuat pikiran lebih aktif untuk mencerna cerita yang tengah ditonton. Sebagian anda mungkin terbiasa berusaha menebak plot cerita dari film tersebut, berusaha mengikuti alur dan menyelesaikan konflik yang ada. Tanpa anda sadari, anda sebenarnya sedang melatih diri untuk berpikir kreatif.

Nikmati liburan. Jarang di antara kita yang tidak suka berlibur, bukan? Riset pun menunjukkan bahwa, jika anda pergi berlibur, apalagi ke daerah dengan latar budaya yang berbeda, sensasinya sangat terasa. Itu akan menggelitik, memaksa, dan  sekaligus meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Perbedaan wilayah dapat menunjukkan perbedaan yang signifikan terhadap budaya. Dengan menerima kebiasaan adat atau budaya yang berebeda, anda akan memperkaya wawasan tentang budaya lain.

Share This:

Next Post

Kantongi Kunci Sukses Wirausaha

Sab Jan 5 , 2019
Sadari hebatnya kekuatan energi kreatif dari kesalahan. Orang bijak menganjurkan kita untuk selalu belajar dari kesalahan yang kita perbuat. Orang kreatif mengatakan kita dapat memperoleh ide dari kesalahan yang kita lakukan. POKOK pangkal semua bisnis yang maju dan berkembang hingga kini adalah upaya kreatif dan inovatif. Keduanya—kreatif dan inovatif—adalah karakteristik […]