Memberi Solusi

vera-wb

Denyut kehidupan di kota besar seolah tak pernah berhenti. Pergerakan orang per orang dari satu titik ke titik lain kian tak terbatas. Kondisi serupa terjadi di sektor korporat yang semakin dinamis. Untuk menunjang kecepatan mobilitas tentu memerlukan sarana. Potensi inilah yang dilihat oleh Verawati Basri, pemilik perusahaan rental mobil PT Trans Pacific Global.

Menurut Vera, sektor korporasi pasti membutuhkan kendaraan untuk menunjang aktivitas operasional. Untuk memenuhi hal ini, hanya ada dua cara yaitu membeli atau menyewanya. Pilihan pertama membutuhkan kapital yang besar. Sedangkan dengan menyewa biaya operasional menjadi lebih ringan sehingga korporasi bisa fokus pada bisnis utamanya. “Sewa kendaraan sebagai solusi bagi korporasi,” ujar Vera.

Melihat ada potensi besar, akhirnya pada 2007 ia mendirikan perusahaan rental kendaraan untuk korporasi. Bagi Vera bukan hal sulit untuk menekuni bidang otomotif. Selain hobi, sebelumnya ia juga pernah bekerja di industri tersebut. Wajar, jika wanita yang berusia 36 tahun ini memahami seluk beluknya.

Perkembangan bisnisnya dalam rentang waktu 10 tahun sangat bagus dimana armada kendaraan bertambah, dari semula satuan kini mencapai ratusan. Selain bertambahnya unit kendaraan, cakupan areanya juga semakin ekspansif. Trans Pacific Global yang berkantor pusat di kawasan Fatmawati Jakarta Selatan ini sudah memiliki jaringan tersebar di 9 provinsi.

Keberhasilan dalam mengembangkan usaha rental kendaraan, kata Vera, terletak pada profesionalitas dan kesungguhan. Profesional berarti memberikan layanan terbaik kepada konsumen dan sesuai dengan yang dijanjikan. Mulai dari spesifikasi kendaraan sampai cakupan layanan yang diberikan. “Selalu jujur dan komitmen sesuai dengan perjanjian,” ujar Vera membuka keberhasilan rahasia bisnisnya.

Setelah sukses dengan usaha penyewaaan kendaraan, ia pun merambah bidang usaha lain yang masih terkait dengan bisnis utama. Pilihannya jatuh pada bidang perbengkelan dan supplier pengemudi. Dengan memiliki unit usaha baru ini bisa dikatakan layanannya one stop service.

Adanya bengkel sendiri, membuat ia tidak perlu repot-repot merawat kendaraannya ke bengkel lain. Hal ini sekaligus dapat meningkatkan efisiensi perusahaan.Sedangkan penyediaan tenaga pengemudi akan membuatlayanan Trans Pacific semakin lengkap. Selain bisa sewa kendaraan, konsumenjuga bisa menggunakan jasa pengemudinya saja.

Yang menarik ia memiliki obsesi untuk menjadi perusahaan pertama penyedia pengemudi perempuan. Pasalnya, selama ini pengemudi didominasi kaum adam. Padahal, ada konsumen yang menginginkan pengemudinya kaum hawa. Artinya, ada permintaan pasar di segmen ini. Dalam melakukan terobosan bisnis, kata Vera, ia selalu mengedepankan solusi ketimbang reaksi. (drajat)

 

Share This: