Memancing Lahirnya Ide Cemerlang

Kebanyakan orang enggan keluar dari bidang yang dikuasainya. Masalahnya dia gamang dan takut tidak mampu maksimal di luar bidang yang dikuasainya. Padahal, tidak sedikit orang yang sukses setelah ia keluar dari comfort zone, zona nyamannya.

PERTANYAAN ini terkesan sederhana, tapi maknanya sangat menukik, mendalam, bahkan radikal: Pertanyaan yang dimaksud: hal baru apa yang telah anda ciptakan selama hidup anda? Bagaimana anda bisa menciptakan hal baru tersebut? Apakah di tempat anda sekolah dulu diajarkan untuk menciptakan ide-ide cemerlang? Atau ide hebat itu lahir begitu saja sebagai gift dari Langit?

Coba kita simak dengan lebih cermat. Hampir tak ada pelajaran di sekolah yang yang paling penting untuk kehidupan di kemudian hari. Materi yang diajarkan di bangku pendidikan terlalu ‘miskin’ sebagai bekal hidup. Apa ada kurikulum yang dirancang untuk cara menentukan masa depan? Atau cara-cara menciptakan ide baru? Itu memang ada di pendidikan lanjutan, semacam sekolah wirausaha pasca-SMA. Padahal, semakin hari dunia semakin berkembang. Semakin hari pula dunia butuh ide-ide baru yang relevan untuk mengimbangi dimakinanya.

Maka dari itu, sebelum terlambat, ada baiknya kita belajar secara instan bagaimana cara sederhana melahirkan ide-ide cemerlang—dan secara langsung dapat dipraktikkan. Dalam Dryden dan Vos (2002) dipaparkan 12 kiat melahirkan ide-ide cemerlang sebagai berikut:

Definisikan masalah anda. Setiap orang hidup pasti memiliki masalah. Tak seorang pun orang hidup di dunia ini tanpa masalah. Dari sekian banyak masalah, anda definisikan masalah anda yang mana yang paling kongkret. Dari masalah inilah seorang akan menemui kegelisahan dalam hidupnya. Dengan kegelisahan inilah seorang akan berusaha keluar dari masalah dan lepas dari kegelisahannya.

Definisikan dan visualisasikan solusi ideal. Setelah masalah yang dialami mampu anda definisikan, selanjutnya adalah memikirkan alternatif dan strategi untuk keluar dari masalah tersebut. Dari sekian banyak alternatif dan strategi yang telah berhasil disusun dalam bentuk list, pilihlah alternatif dan strategi yang paling tepat untuk dapat keluar dari masalah. Satu hal yang perlu diingat, dalam setiap alternatif dan strategi yang dipilih, di sana tersedia kemungkinan-kemungkinan. Jadi, anda perlu menyiapkan diri untuk menghadapi (dan mengatasi) kemungkinan yang timbul.

Kumpulkan fakta-fakta: spesifik dan umum. Kumpulkan fakta-fakta baik yang spesifik maupun umum yang berkaitan dengan masalah anda. Dengan begitu anda akan mampu membaca peluang-peluang dalam kehidupan. Dari sinilah anda mampu mengolah masalah anda menjadi sebuah ide cemerlang dan menciptakan hal baru yang mungkin saja revolusioner.

Hancurkan polanya. Coba saja cermati semua kalimat matematika yang kita pelajari selama ini. Keseluruhannya hanya terdiri dari 10 simbol. Semua nada-nada yang kita dengar dari musik favorit kita hanyalah pola-pola yang terdiri dari 12 nada. Dari sinilah kita tahu bahwa, ketika kita membicarakan hal baru, sebenarnya kita sedang berbicara tentang pola-pola asli dari komponen-komponen sebelumnya.

Keluarlah dari bidang yang anda kuasai. Kebanyakan orang enggan keluar dari bidang yang dikuasainya. Masalahnya dia gamang dan takut tidak mampu maksimal di luar bidang yang dikuasainya. Padahal, tidak sedikit orang yang sukses setelah ia keluar dari comfort zone, zona nyamannya. Misalnya saja Ladislo Biro, pria yang sukses karena hasil temuannya yaitu pena bolpoin. Padahal, sebelumnya dia adalah seorang pematung, pelukis dan jurnalis.

Cobalah kombinasi baru. Dari beberapa pola yang telah anda hancurkan di atas, coba kombinasikan hingga menjadi beda dari sebelumnya. Kunci untuk mendapatkan inovasi baru adalah jangan takut bahkan harus berbeda dari apa pun yang ada sebelumnya. Bahkan, berbeda merupakan sebuah keniscayaan dalam dunia inovasi.

Gunakan seluruh indra anda. Tak ada satupun yang Tuhan ciptakan di dunia ini yang tidak bermanfaat. Sebagai manusia, yang merupakan makhluk sempurna yang dibekali akal, kewajiban fitri manusia-lah untuk mampu mengeksplorasinya. Gunakan seluruh indra anda untuk dapat menciptakan sebuah ide cemerlang. Setidaknya sekali dalam hidup, dan karya tersebut bias sajdi mahal harganya.

Jeda-biarkan pikiran anda mengendap. Mengaso atau rehat merupakan tuntutan fisik yang alami.

Gunakan musik atau alam untuk mencapai kondisi relaks. Suara gemercik air atau kicauan burung secara misterius bisa sangat menjernihkan suasana pikiran.

Tidurlah bersamanya. Dua kiat terakhir, plus yang ini, bisa kita lakukan berurutan. Setelah anda memeras otak untuk menghasilkan suatu karya yang baru, biarkan pikiran anda mengendap sesaat.  Manfaatkan musik atau alam untuk membuat relaks pikiran yang sebelumnya telah anda kuras habis-habisan untuk sebuah ide cemerlang. Dengan salah satu dari dua cara tersebut, seorang akan mencapai relaksasi. Kemudian tidurlah bersama masalah yang tadi menggelisahkan anda yang secara perlahan anda olah untuk memunculkan sebuah inovasi.

Eureka! Idenya muncul keluar. Setelah anda melakukan kiat di atas secara bersungguh-sungguh, sangat berpeluang anda temukan ide cemerlang. Apalagi dari semua yang telah  anda lalui, anda sejenak mengendapkan pikiran anda hingga tidur bersamanya.

Periksalah Kembali. Dari ide cemerlang yang telah anda temukan, apakah akan berguna buat orang banyak atau tidak. Sehingga anda perlu memeriksanya kembali. Ketika ide anda tidak berguna bagi orang banyak, itu jelas bukan ide yang layak ditindaklanjuti.●

Share This:

You may also like...