Lima Bekal Kelengkapan

Memulai bisnis itu memang tidak mudah.Di awal-awal, biasanya seering dijumpai kendala,permasalahan, godaan, pesimeisme, bahkan keputusasaan.Semua penghalang itu kita anggap gesekan, ketika kita bisa mengurangi gesekan itu dengan mencari jalan keluar dari seluruh permasalahan, kemudahan-kemudahan akan kita raih bahkan bom atom pun bisa anda bentuk, yang akan meledakan bisnis anda.

  1. Tulis dan visualisasikan semua impian anda. Menulis mungkinbukan kegiatan yang terlalu menarik, tapi jangan sepelekan. Namun, otak kanan butuh menulis di hampir setiap aktivitasnya. Pencipta lagupun perlu menulis saat penciptaan sebuah lagu. Bubuhi daftar impian anda dengan detail tentang hari, tanggal, bulan dan tahun, tujuannya; dengan skala prioritasnya.
  2. Masuklah komunitas-komunitas pengusaha. Kebiasaan bergaul dengan teman-teman sepantarnya yang satu visi dan misi perlu diperluas. Cobalah menambah pergaulan kedunia pengusaha. Anda bisa ikut dalam organisasi-organisasi atau komunitas enterpreneur.Ini akan bergunaagar anda makin terbiasa dengan liku-liku berbisnis dan perluasan jaringan: bagaimana cara memulai dan menyimak pengalaman pengusaha senior. Hingga, begitu mulai melangkah, anda tidak memulai segalanya dari nol.
  3. Kenali dan geluti setiap detail bisnis anda. Sebelum lebih jauh, cobalah pilih dan geluti setiap detail bisnis yang anda pilih. Ciptakan pasar dan mengawali bisnis dari pelajaran yang anda petik selama berkecimpung dikomunitas pengusaha yang leboh awal memasuki dunia itu.
  4. Kuatkan niat dan siapkan diri. Didalam berbisnis sudah hampir pasti anda akan mengalami kegagalan. Senggol kiri atau kanan, banyak kondisi mendesak tak terduga, itu hal biasa. Jika anda tidak kuat pasti anda akan jatuh dan mungkin tidak akan mau lagi berbisnis. Itulah pentingnya point ke 2 diatas. Pembelajaran dan pengambilan sikap dapat anda pelajari didalam komunitas komunitas pengusaha. Cobalah berpikir positif dan hadapi masalah dengan cerdas dan efisien.
  5. Berdoa dan ingat tujuan awal. Ditengah kesibukan berbisnis janganlah lupa beribadah dan berdoa, sebab ridho sang pencipta merupakan suatu kunci kesuksesan, didalam keadaan apapun disaat anda terdesak berdoalah dan ingat tujan awal anda membangun usaha, jangan biarkan pikiran negatif menghancurkan mimpi mimpi anda.(dd)

Share This: