KSPPS BMT UGT Sidogiri Berambisi Ke Pentas Dunia

Tidak puas hanya dengan merajai pasar domestik di segmen koperasi syariah, BMT UGT Sidogiri bertekad bersaing di pasar global.

Lingkungan pesantren selama ini diidentikkan  sebagian pihak hanya berkutat pada halal-haram dan urusan agama semata. Pondok pesantren dianggap terbelakang jika berurusan dengan yang bersifat duniawi seperti perekonomian. Namun jika melihat aktivitas Ponpes Sidogiri Pasuruan Jawa Timur, pandangan itu sepenuhnya salah besar.

Ponpes Sidogiri bahkan berhasil membangun bisnis model baru bahwa agama tidak terpisahkan dengan duniawi. Ponpes inilah yang membidani kelahiran KSPPS BMT UGT Sidogiri yang kini menjelma sebagai koperasi syariah terbesar dalam aset dan volume usaha. Selain itu, BMT UGT Sidogiri merupakan koperasi syariah dengan IT terbaik dan menjadi role model bagi koperasi syariah lainnya di Indonesia.

Predikat sebagai KSPPS terbesar tidak membuat pengurus terlena. Mereka ingin naik ke kelas dunia. Tidak tanggung-tanggung, koperasi yang diinisiasi para guru mengaji di lingkungan pesantren ini memasang target paling lama tiga tahun ke depan masuk dalam 300 koperasi besar dunia.

Sejumlah langkah sudah disiapkan BMT yang kini dipimpin Mahmud Ali Zain ini. Salah satunya rencana ekspansi jaringan kantor tidak hanya di dalam negeri tetapi sampai ke negeri jiran. Tiga negara sudah dibidik yaitu Malaysia, Singapura dan Hongkong yang akan menjadi bidikan perluasan pasar BMT UGT Sidogiri. Di pasar domestik, koperasi yang didirikan pada 6 Juni 2000 ini sudah memiliki 285 kantor unit layanan.

Perluasan jaringan pelayanan diiikuti dengan modernisasi infrastruktur berbasis teknologi informasi. Ini menjadi bagian dari komitmen untuk meningkatkan kualitas layanan kepada anggota.

Layanan Mobile UGT yang dikembangkan agar makin memudahkan anggota dalam melakukan transaksi. Tanpa mendatangi kantor layanan, anggota dapat melakukan berbagai macam transaksi keuangan.  Untuk lebih mendorong anggota Koperasi BMT UGT dalam memanfaatkan layanan Mobile UGT, Koperasi memberikan hadiah dengan total Rp50 juta bagi anggota yang membuka tabungan dan mengunduh aplikasi Mobile UGT.

Semakin sering anggota melakukan transaksi dengan menggunakan aplikasi Mobile UGT dan semakin besar saldo tabungannya, maka semakin besar peluang untuk memenangkan hadiah tersebut.

Sekadar informasi, koperasi berbasis pesantren ini didirikan oleh beberapa orang yang berada dalam satu kegiatan Urusan Guru Tugas Pondok Pesantren Sidogiri (Urusan GT PPS) yang didalamnya adalah orang-orang yang berprofesi sebagai guru dan pimpinan madrasah, alumni Pondok Pesantren Sidogiri dan para simpatisan yang menyebar di wilayah Jawa Timur.

Dalam perkembangannya, BMT UGT Sidogiti menjawab keraguan banyak pihak tentang kemampuan kaum santri dalam mengelola bisnis. Koperasi ini bahkan menjadi percontohan banyak koperasi berbasis syariah di Tanah Air dan langganan koperasi berprestasi.

Terkait dengan kinerja keuangan, asetnya per 2016 tembus Rp2,25 triliun atau naik dari tahun 2015  sebesar Rp1,89 triliun. Volume usaha sebesar Rp1,11 triliun, turun dari 2015 Rp1,13 triliun. Seiring pertumbuhan aset, kepercayaan masyarakat terhadp koperasi skala nasional ini terus tumbuh. Ini terbukti dari naiknya jumlah anggota menjadi 16.010 orang anggota dari tahun sebelumnya 12.901 anggota.

Sejalan dengan keberhasilan usaha yang digelutinya koperasi syariah ini senantiasa melakukan tanggung jawab sosial terhadap anggota dan masyarakat sekitar BMT. Sebab, Pengurus menyadari perkembangan usahanya tidak dapat dilepaskan dari dukungan riil anggota dan masyarakat.

Pada 2016, dana zakat, infak, dan sedekah (ZIS) yang disalurkan sebesar Rp7,57 miliar.  Peruntukannya antara lain dibagikan dalam zakat produktif, konsumtif, dan beasiswa pendidikan untuk santri berprestasi di lingkungan Pondok Pesantren Sidogiri.  Selain itu, menyalurkan dana sosial sebesar Rp9,42 miliar untuk pengembangan pondok pesanteren maupun para alumninya.

Dengan dukungan yang riil dari anggota dan pengelolaan koperasi yang modern dan profesional, pengurus KSPPS BMT UGT Sidogiri yakin bahwa harapan membawa koperasinya ke level dunia semakin dekat. (drajat).

Share This: