KSB BOGOR DAN KAN JABUNG TEKEN KERJA SAMA MANAJEMEN RITEL

Malang: Koperasi Sejahtera Bersama Bogor dan Koperasi Agro Niaga Jabung Malang sepakat menjalin kerja sama di bidang manajemen tata kelola usaha ritel. Kesepakatan tersebut tertuang dalam naskah kerja sama yang ditandatangani kedua pihak, masing-masing oleh Dirut KSB Vini Noviani dan Manager Umum KAN Jabung Eva Marlianty hari ini, Sabtu (21/11/2020) di Jabung, Malang, Jawa Timur.
Adapun format kerja sama antar kedua koperasi besar itu antara lain terkait penyewaan program sistem SMAR POS ( Sejahtera bersama Point of Sales) untuk aministrasi data stok penerimaan barang dari penyuplai dan SMAR ERP (Enterprises Resource Planning), sistem untuk mengelola penjualan dan pembelian barang, pergudangan, serta akuntansi pembukuan.
Menurut Vini Noviani, sistem tersebut dapat meminimalisir kerugian dari toko berdasarkan pengalaman selama 10 tahun mengelola SB Mart dan telah bermitra dengan lebih dari 50 toko.
Keunggulan KSB dalam mengelola bisnis ritel, kata Eva Marlianti, tak diragukan dan sudah banyak diadaptasi oleh koperasi ritel lainnya. “Kami ingin belajar bagaimana mengelola usaha ritel yang baik dan berguru kepada KSB kami kira sudah tepat,” ujarnya. Dikatakan Eva, sebenarnya
KAN Jabung sudah memulai bisnis retail sejak lama, namun menemui kesulitan dalam pengembangan bisnis tersebut karena masih terkendala oleh pemahaman bisnis retail dan digitalisasi automasi program. “Kami tahu KSB piawai di bidang tersebut dengan jam terbang 10 tahun, maka kami mencoba belajar untuk mengoptimalkan pelayanan dan kualitas JABmart,” tutur Eva lagi.


BANGUN SINERGI
Sementara Ketua Pengawas KSB Iwan Setiawan yang hadir dalam acara tersebut mengatakan, kerja sama antar koperasi sudah menjadi keharusan sesuai yang tertera dalam prinsip jati diri koperasi.
“Orang koperasi perlu menggalang kerja sama dengan sesamanya sehingga terjalin sinergi bisnis yang kuat. Selama ini, kata Iwan, orang koperasi sering bicara kerja sama, namun dalam kenyataannya justru faktor ini yang sering terabaikan karena adanya multi tafsir antara kerja sama koperasi dengan kemandirian koperasi.
“Seolah ada kesan negatif bahwa dengan kerja sama akan mengganggu kemandirian itu sendiri. Padahal dengan kerja sama kita bisa ciptakan sinergi,” tutupnya. (Reza)

Share This:

One Comment on “KSB BOGOR DAN KAN JABUNG TEKEN KERJA SAMA MANAJEMEN RITEL”

  1. Hati hati KSB menang nama doang..Koperasi gagal bayar kepada anggota..sudah di proses PKPU..
    Yang masih percaya ada 2 kemungkinan..
    Tidak tau atau Bodoh..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *