Kopsyah BMI Menjadi Koperasi Pertama Penerima Dana Bergulir LPDB pada 2020

Ilustrasi-Foto: Istimewa.

JAKARTA—-Koperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia (Kopsyah BMI)  menjadi koperasi pertama yang mendapatkan dana bergulir dariLembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) pada awal 2020.

Seperti yang pernah diberitakan oleh Peluang LPDB/KUMKM menjadikan koperasi sebagai fokus dari pinjaman dan pembiayaan pada 2020 ini,

Direktur Utama LPDB/KUMKM Braman Setyo  mengatakan bahwa Kopsyah BMI mendapatkan dana dengan nilai Rp30 miliar.

“Ini merupakan awal kami untuk fokus pembiayaan koperasi seperti arahan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki,” ujar Braman dalam akad pinjaman di kantor LPDB, Kamis (16/1/20).

Selanjutnya LPDB terus melakukan koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan sinergi dengan berbagai pihak dalam upaya meningkatkan dan mengembangkan kualitas koperasi di Indonesia, di antaranya Dinas Koperasi dan Kementerian Koperasi dan UKM, Lembaga pemerintah lain seperti BLU, OJK, BPS, berbagai Kementerian/Lembaga, BUMN, Lembaga-lembaga perantara (LKB/LKBB), dan juga Lembaga penjamin.

Berdasarkan arahan Menkop dan UKM Teten Masduki di hadapan Direksi LPDB pada akhir 2019, upaya pengembangan koperasi dapat dilakukan melalui pendekatan komunitas atau klaster berdasarkan sentra produksi komoditas dan wilayah.

“Selain itu, prioritas pemberdayaan koperasi pada sektor ril atau produksi yang berorientasi ekspor dan substitusi impor dapat ditingkatkan melalui modernisasi dan inovasi teknologi,” imbuh Braman.

Melalui pinjaman/pembiayaan LPDB yang akan disalurkan pada 2020 sebesar Rp1,85 triliun, harapan ke depan dengan dana bergulir yang tersalur ke mitra LPDB khususnya koperasi, akan menciptakan koperasi modern yang dapat meningkatkan potensi ekspor UMKM.

Koperasi modern berarti koperasi sehat secara keuangan dan mempunyai prospek usaha yang layak untuk dibiayai.

“Kami yakin target penyaluran pinjaman itu dapat tercapai dan seluruhnya difokuskan pada koperasi,” pungkas Braman.

Ke depan, LPDB-KUMKM dapat menjadi lembaga pembiayaan koperasi yang inklusif dan unggul, yang sejalan dengan visi LPDB-KUMKM yaitu lembaga layanan pinjaman/pembiayaan inklusif dan unggul bagi koperasi dalam pengembangan UMK.

Share This: