Kopma Al-Iqtishaad IAIN Batusangkar Dorong Anggota Ciptakan Lapangan Kerja

Ilustrasi-Foto: Dokumentasi Kopma IAIN Batusangkar.

BATUSANGKAR—-Semangat wirausaha orang Minang yang sudah menjadi bagian tradisi sosial budaya harus tetap dilestarikan. Koperasi Mahasiswa Al-Iqtishaad Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar mewujudkan hal itu dengan program kerja dan pelatihan untuk anggota Kopa menjadi wirausaha.

Pengawas Koperasi Mahasiswa Al-Iqtishaad IAIN Batusangkar Eko Saputra mengatakan, pihaknya rutin menggelar pelatihan kewirausahaan, magang di usaha kopma, pelatihan alat-alat produksi kopma yaitu pin, ganci, sablon, mug, tumbler dan sebagainya.

“Kami ingin membentuk mindset anggota untuk tidak mencari kerja, tetapi membuka lapangan jera. Salah seorang anggota kami berhasil mendirikan bisnis clothing dengan brand lokal “Kurambiak” adalah contohnya,” ungkap Eko kepada Peluang melalui surat elektronik, Rabu (13/11/19).

Sejarah pendirian Koperasi Mahasiswa Al-Iqtishaad IAIN Batusangkar disingkat Kopma A-I dimulai pada  2013 yang digagas oleh beberapa mahasiswa STAIN Batusangkar (sebelum menjadi IAIN Batusangkar).   Pada saat rapat pendirian koperasi mahasiswa ini dilakukan oleh 21 mahasiswa yang berasal dari berbagai jurusan.

Setelah mengalami berbagai kendala dan menghadapi berbagai permasalahan, di antaranya menyangkut manajemen dan  pengelolaan keuangan, Kopma A-I akhirnya berkembang.

Usaha kopma ada dua macam antara lain pertama, bernama Kopma Mart yang terletak di kampus I IAIN Batusangkar.Bisnis ini  yang bergerak dalam menjual kebutuhan makanan dan minuman bagi civitas akademika IAIN Batusangkar.

Kedua, Kopma House Production disingkat KOUSPRO yang bergerak dibidang produksi merchandise kampus, terletak dibagian belakang kantor Kopma.

“Kopma juga memiliki nazhir wakaf organisasi yang dimulai 2016 dengan program mengumpulkan dana wakaf kemudian hasil pengelolaannya diberikan kepada beberapa mahasiswa dalam bentuk beasiswa atau bantuan pendidikan,” ujar Eko lagi.

Selain itu Kopma juga menyalurkan beasiswa zakat kopma dan CSR kopma kepada mahasiswa. Aset yang dimiliki kopma pada tahun 2018 adalah Rp173.156.860,- dan Omzetnya Rp409.462.950.

Kopma juga meningkatkan relasi dengan ikut berpartisipasi pada kegiatan Kopma Nasional 2016 (Universitas Sebelas Maret, Surakarta), 2017 (Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung), dan pada 2018 (Universitas Negeri Siliwangi, Tasikmalaya).

Salah satu kegiatan Kopma IAIN Batusnagkar-Foto: Dokumentasi Kopma.

“Kami juga  bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM RI pada2017 pada acara Pelatihan Kewirausahaan bagi Koperasi Mahasiswa di Padang dan Kementerian Pemuda dan Olahraga 2019 pada acara Pelatihan Online Marketing di kampus,” pungkas Eko (Irvan Sjafari).

Share This:

You may also like...