Koperasi Garuda Diminta Galang Sinergi

Tawaran ‘emas” itu langsung datang dari Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk. Ia menjanjikan segera membuka kesempatan kepada Koapgi dan koperasi Garuda lainnya untuk bermitra dengan perusahaan induk.

KAMIS, 2 Mei 2019 lalu merupakan moment penting bagi Koperasi Awak Pesawat Garuda (Koapgi) yang tengah menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2018.  Selain dihadiri Direktur Garuda Indonesia Tbk Ari Ashkara, koperasi yang dipimpin Rimond B. Sukandi ini dibuka oleh Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga. Yang istimewa adalah sambutan Ari Ashkara yang memberi angin segar tidak hanya kepada Koapgi, juga kepada koperasi karyawan lainnya di bawah naungan BUMN Penerbangan itu. “Koapgi jangan melulu terpaku pada usaha simpan pinjam, coba cari relasi bisnis dengan induk perusahaan, pasti banyak yang bisa dikerjakan.  Tetapi pengajuannya harus di bawah satu koperasi, jangan seperti saat ini, masing-masing koperasi jalan sendiri-sendiri,” ujarnya. Pernyataan Ari Ashkara tidak main-main, apalagi dia sempat menekankan bahwa apa yang sudah dijanjikannya pantang untuk tidak dilaksanakan. 

“Di Garuda Indonesia ada Kokarga (Koperasi Karyawan Garuda Indonesia), ada Koapgi dan ada juga koperasi di anak perusahaan. Pengalaman saya saat di Pelindo III dan Wijaya Karya, koperasinya maju karena mereka bersatu sehingga cepat besar,” tuturnya lagi. Askhara yakin banyak peluang bisnis yang nanti bisa dikerjakan oleh koperasi di PT Garuda Indonesia, jika sudah melebur dalam satu koperasi.

APRESIASI MENKOP

Dalam sambutannya, Menteri Koperasi UKM AAGN Puspayoga mengapresiasi pernyataan dikemukan Ari Ashkara. “Jika peluang itu sudah dibuka langsung oleh Dirut Garuda, ya harus cepat ditangkap dan segera bangun kerja sama di lingkungan koperasi karyawan Garuda,” ujarnya. Menteri mengingatkan dengan bergabungnya koperasi-koperasi tersebut, maka makin cepat pencapaian aset dan pengembangan usaha. Sejumlah koperasi besar di tanah air, awalnya juga karena bersatu lebih dulu, seperti KWSG (Koperasi Warga Semen Gresik) Semen Gresik dan KISEL (Koperasi Telekomunikasi Seluler) PT Telkomsel.

“Aset mereka kini triliunan, saya yakin Koapgi dan koperasi di Garuda Indonesia bisa seperti mereka,” pungkas Menteri.  (Irsyad Muchtar)

Share This:

You may also like...