Koperasi Astra Kembangkan Inovasi Menuju Pertumbuhan Berkelanjutan

Koperasi Astra melalui 2018 dengan pencapaian kinerja yang positif. Jumlah anggota terus bertambah, pendapatan usaha tumbuh sebesar 12,13% dan ditopang permodalan yang semakin kokoh.

DALAM dunia usaha yang semakin dinamis, inovasi menjadi kunci untuk pertumbuhan berkelanjutan. Menyadari hal itu, Pengurus Koperasi Astra terus melakukan inovasi layanan dan pengembangan usaha.

Pongki Pamungkas, Ketua Umum Koperasi Astra mengatakan pihaknya terus mengembangkan layanan usaha untuk menggenjot pertumbuhan bisnis. “Beragam inisiatif strategis yang kami lakukan bertujuan untuk semakin meningkatkan kesejahteraan anggota dan menjaga pertumbuhan yang berkelanjutan,” ujar Pongki di sela RAT Koperasi Astra Tahun Buku 2018.

Pengembangan usaha  yang telah dilakukan Koperasi Astra antara lain memperluas kemanfaatan kartu anggota, program kesejahteraan anggota, dan produk pinjaman yang inovatif. Dalam hal perluasan kemanfaatan kartu, Pengurus telah menjalin kerja sama dengan TRAC, STEI Rawamangun, dan Go Wet Waterpark. 

Bagi pemegang kartu anggota Koperasi Astra akan mendapatkan diskon spesial jika bertransaksi di mitra-mitra tersebut. Ambil contoh, anggota akan mendapatkan diskon 35% di Go Wet Waterpak dan diskon sampai dengan 30% di seluruh jaringan TRAC.  Sebelumnya, anggota  sudah dapat menikmati diskon khusus di beberapa mitra kerja sama seperti Primagama, Shop & Drive, Astra Isuzu, Bounce Street, dan NRA Tour & Travel. Perluasan kerja sama itu diyakini akan membuat anggota lebih puas dan semakin nyaman bertransaksi.

Koperasi Astra juga sangat memperhatikan kebutuhan dasar anggotanya yaitu perumahan. Melalui produk Griya Perdana, anggota dapat mengajukan pinjaman untuk membeli rumah pertama. Selain itu, kerja sama dengan pengembang perumahan di wilayah Bogor, Bekasi, Karawang, Cibitung dan Karawang, memberi tambahan manfaat bagi anggota berupa harga khusus. Sementara bagi anggota yang ingin membeli rumah kedua, kavling atau apartemen, dapat menggunakan fasilitas pinjaman Multigriya.

Untuk memenuhi kebutuhan anggota yang beragam, Koperasi Astra pada tahun lalu juga meluncurkan Koperasi Astra Priority, Koperasi Astra Fleksi dan Education Loan Program (ELP) hasil kerja sama dengan AI-HO. “Inovasi produk dan layanan juga disesuaikan dengan kebutuhan anggota yang semakin beragam,” tambah Pongki.

Sejalan dengan pengembangan produk dan layanan, Koperasi Astra secara konsisten melaksanakan prinsip koperasi dengan menggelar pendidikan perkoperasian untuk anggota. Pada 2018, sebanyak 758 anggota telah mengikuti kegiatan tersebut. Dengan pendidikan perkoperasian diharapkan wawasan dan partisipasi anggota terhadap Koperasi Astra dapat semakin meningkat.

Dalam hal pelaksanaan program kesejahteraan anggota Koperasi Astra layak menjadi yang terdepan di jagat perkoperasian karyawan. Koperasi Astra memiliki program berupa pemberian beasiswa kepada anak anggota yang berprestasi. Tidak tanggung-tanggung, beasiswa pendidikan itu diberikan mulai dari tingkat sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Jumlah penerimanya pun terus meningkat dimana pada 2017 sebanyak 4.000 orang dan naik pada 2018 sebanyak 4.300 orang. Seiring dengan naiknya jumlah penerima, dana beasiswa yang disalurkan meningkat 19,47%  dari Rp6,42 miliar menjadi Rp7,67 miliar.

Sementara untuk kontribusi sosial yang dilakukan Koperasi Astra melalui 4 pilar tanggung jawab sosial (CSR) pada perumahan binaannya. Keempat pilar tersebut yaitu Pilar Kesehatan, Pilar Pendidikan, Pilar Lingkungan dan Pilar Kewirausahaan. Keseluruhan pilar tersebut telah dilaksanakan di Perumahan Trias  Estate Bekasi dan perumahan Klari Indah Permata –Karawang Timur.

Dari aspek usaha, yang dikelola secara langsung oleh Koperasi Astra adalah simpanan berjangka dan penyaluran pinjaman kepada anggota. Selain itu, Koperasi Astra juga melakukan investasi pada anak-anak perusahaannya serta menyalurkan pinjaman kepada koperasi unit (Kopnit) di lingkungan Grup Astra.

KINERJA 2018

Berbagai inovasi layanan dan pengembangan usaha yang telah dilakukan berdampak positif terhadap kinerja operasional maupun kinerja keuangan sepanjang 2018.

Pongki menambahkan, berdasarkan pencapaian kinerja operasional dan kinerja keuangan tersebut, pihaknya optimistis Koperasi Astra semakin berkembang dengan dukungan karyawan di lingkungan Grup Astra yang menjadi anggota. “Koperasi Astra semakin dipercaya dan akan terus meningkatkan manfaatnya bagi anggota,” pungkasnya.  (Kur)

Share This:

You may also like...