Konten Tiga Primadona Detinasi Halal

Kementerian Pariwisata menyebut lima provinsi diprioritaskanmenjadidaerah wisata halal. Dua di antaranya di Pulau Jawa (DKI Jakarta dan Jawa Barat). Tiga lainnya di Sumatera (Aceh dan Sumbar) serta Nusa Tenggara Barat. Berikut potret selayang pandang tentang destinasi wisata di ketiga provinsi luar Jawa.

3-primadona

Beberapa destinasi halal di Indonesia2016 dikukuhkan pemerintah c.q. Kementerian Pariwisata Indonesia, Oktober lalu.Tahun sebelumnya, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) berhasil membawa dua penghargaan untuk kategori Best Halal Tourism Destination dan World’s Best Halal Honeymoon Destination dalam ajangWorld Halal Tourism Awards (WHTA) 2015.

Berikut kelima kategori dan provinsi pemenang Anugerah Pariwisata Halal Terbaik 2016 dari ajang Kompe‎tisi Pariwisata Halal Tingkat Nasional (KPHN):
1. Destinasi Budaya Ramah Wisata Muslim Terbaik (Provinsi NAD)
2. Destinasi Wisata Halal Terbaik (Provinsi Sumbar)
3. Hotel Keluarga Ramah Wisatawan Muslim Terbaik: The Radhana Kuta, Bali
4. Resort Pantai Ramah Wisatawan Muslim Terbaik (Novotel Lombok Resort and Villas, Lombok, NTB)
5. Operator Haji dan Umroh Terbaik (ESQ Tours Travel, Jakarta)

Aceh: Kerajaan hingga Jejak Tsunami

Aceh memperoleh delapan sertifikat warisan budaya tak-benda untuk delapan karya budaya masyarakat. Sertifikat diserahkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof Muhadjir Effendy, di Jakarta, Kamis (27/10) malam.“Warisan budaya tak-benda Indonesia, khususnya Warisan Budaya Tak Benda Indonesia terancam punah, antara lain karena warisan tersebut tidak dilindungi dengan baik,” kata Menteri Pendidikan, Muhadjir Effendy.

penari

Delapan sertifikat warisan budaya tersebut terdiri dari Canang kayu (Aceh Singkil), Likok pulo (Aceh Besar), Meracu (Aceh Besar), Mak meugang (Aceh Besar), Nandong (Simeulue), Manatakhen heinei (Aceh Singkil), Guel (Aceh Tengah-Bener Meriah), dan Pacu kude (Aceh Tengah-Bener Meriah). Dengan demikian, Aceh sudah memiliki 42 warisan budaya tak benda sejak program ini dilincurkan, 2013.

Pengelolaan warisan budaya perlu dilaksanakan dengan penanganan serius dari pemerintah daerah dan pihak lainnya yang terlibat.Pemeritah pusat tidak dapat bergerak sendirian mengupayakan pelestarian warisan budaya.Pemerintah daerah,  kalangan swasta dan masyarakat dituntut berkontribusi melestarikan berbagai karya budaya generasi terdahulu.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh belum lama ini meluncurkan branding baru pariwisata Aceh. Bila sebelumnya mengandalkan tajuk “Visit Aceh”, kini digunakan slogan dan logo baru yaitu “The Light of Aceh” dan “Cahaya Aceh”. Kedua tajuk ini akan menjadi branding baru pariwisata Aceh yang saat ini sedang gencar mengkampanyekan halal tourism.

Secara kasat mata, sisa kebesaran masa lalu Aceh membekas di sana sini. Di Kotamadya Sabang, misalnya, adaBenteng Anoi Itam, Benteng Baterai A, Benteng Baterai B, dan Benteng Baterai C. Kotamadya Banda Aceh memiliki Lonceng Cakra Donya, Monumen RI Seulawah 001, Mesjid Raya Baiturrahman, Makam Syiah Kuala,PLTD Apung/Lepas Pantai, Masjid Baiturrahim-Ulee Lheu, dan Museum Tsunami Aceh.
Di Lhok Seumaweterdapat sejumlah makam, antara lain Makam Sultanah Nahrisyah; dan Rumah Adat Cut Meutia. Di Kabupaten Aceh Tengah ada Atu tingok, Atu kude, Atu lintang, Atu belah,Atu payung, Atu berukun. Aceh Barat: Benteng Woyla.

Sumatera Barat: Tujuh Suasana Serasa di Negeri Seberang

Destinasi wisata Minangkabau sangat kaya, jika berlebihan mengatakannya sangat lengkap. Ikon lama daerah ini diwakili oleh Danau Maninjau, Danau Singkarak, Air Terjun Lembah Anai, Ngarai Sianok, Lembah Harau. Kini ikon itu bertambah dengan Jembatan Kelok Sembilan. Jembatan ini membentang meliuk-liuk menyusuri dua dinding bukit terjal.. Jembatan karya anak bangsa dengan tiang beton di antaranya 58 meter ini diresmikan Presiden Yudhoyono, Oktober 2013.

Terdapat pantai dan tempat surfing dengan ombak kelas dunia, lokasi cantik buat penggemar paralayang, goa, wisata sejarah, kuliner. Sumatera Barat diam-diam memendam tujuh destinasi ‘duplikasi’. Pengunjung serasa berada di luar negeri. Ketujuh tempat

Padang Mangateh–New Zealand. Padang rumput Padang Mangateh sangat luas, di tempat inilah dibangun Balai Pembibitan Ternak Unggul (BPTU). Di sini banyak sapi-sapi unggulan yang dibiarkan lepas makan rerumputan, suasanya ini mirip di New Zealand sana.

Janjang Koto Gadang–Tembok Besar China. Tembok besar di China mempunyai panjang 8.000 KM, dan wisatawan akan disuguhkan pemandangan indah alam Ngarai Sianok. Apalagi di sepanjang perjalanan wisatawan juga bisa menjumpai adanya monyet-monyet liar.

Jam Gadang–Big Ben. Big Ben yang terletak di Gedung Parlemen di Westminster, London. Jam Gadang dibangun tahun 1826 sebagai hadiah dari Ratu Belanda kepada Rook Maker, sekretaris atau controleur Fort de Kock (Bukittinggi). Mesin jam ini sama dengan Big Ben di London.

Gembok Cinta Puncak Cemara–Gembok Cinta Paris. Anda pasangan muda yang ingin menyatakan kesetiaan dengan gembok cinta? Kini ada di Puncak Cemara,Sawahlunto.

Sawahlunto–Hollywood. Sebuah bukit di kota tersebut yang mirip dengan tulisan Hollywood di Amerika sana.

Lembah Harau–Lembah Yosemite. Tahu Lembah Yosemite di Sierra Nevada, California, Amerik Serikat; di Sumbar ada tempat yang mirip dengan Lembah Yosemite, yaitu Lembah Harau yang terletak di Kabupaten Limapuluh Kota. Saking miripnya, Lembah Harau bahkan dijuluki sebagai Yosemite-nya Indonesia.

Ngarai Sianok—Grand Canyon. Lembah dengan tebing-tebing tinggi ala Grand Canyon, Amerika juga ada di Bukittinggi, Sumbar ada tempat yang dijuluki Grand Canyon of Indonesia. Saat ini Ngarai Sianok merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Bukittinggi.

 beautifull-beach

Nusa Tenggara Barat: Pantai-pantai Syariah & Rinjani

Selain pulau Lombok ada Pulau Moyo, Pulau Sumbawa dan Gili-Gili Lainnya.

Gunung Rinjani.Terletak di Pulau Lombok bagian utara dengan ketinggian 3,726 meter dpl, dan adalah gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia setelah Gunung Kerinci. Di puncaknya terdapat sebuah danau kawah yang disebut Danau Segara Anak, yang biasa dimanfaatkan wisatawan jadi tempat memancing.

Air Terjun Mata Jitu. Dikenal juga dengan nama Air Terjun Lady Diana karena air terjun ini pernah dikunjungi oleh Diana Spencer (alm), istri Pangeran Charles. Air terjun ini salah satu obyek wisata menarik di Pulau Moyo. Aliran airnya sangat tenang dan berwarna hijau kebiruan.Air Terjun Sendang Giledi Taman Nasional Gunung Rinjani. Namun keberadaannya memang masih jarang dikunjungi.

Pantai Senggigi.Inilah tempat wisata yang paling terkenaldi Pulau Lombok. Panorama garis pantainya yang panjang sangat menawan bila dipandang dari kejauhan dan ketinggian.Pantai Ai Manisdi sebelah selatan daratan Pulau Moyo.Pantai Kuta.Ini bukanlah Pantai Kuta yang ada di Bali, melainkan sebuah pantai indah yang terletak di arah selatan Pulau Lombok.

Pantai Pink di Pulau Lombok telah terkenal hingga ke mancanegara. Pantai ini termasuk dalam satu dari tujuh pantai di dunia yang mempunyai pasir berwarna merah muda. Bukanlah satu-satunya di Indonesia karena di Provinsi NTT, dekat Pulau Komodo, juga terdapat pantai yang berwarna pink.

Gili.Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan atau biasa Tiga pulau eksotis di Lombok ini merupakan salah satu tujuan favorit wisman. Desert Point.Ini tempat surfing di Lombok yang patut dikunjungi jika ingin menikmati surfing atau kegiatan berselancar. Salah satu tempat surfing terpopuler Indonesia.Desert Point telah pula dinobatkan sebagai salah satu dari 10 tempat surfing dengan ombak terganas  versi International Surfing Association.●(dd)

Share This: