Komitmen Wujudkan Inklusi Keuangan

Berbekal jejaring Payment Point Online Bukopin (PPOB) yang telah dibangun sejak lama dengan cakupan distribusi yang sangat luas, Bank Bukopin optimistis dapat terlibat aktif mendorong terciptanya inklusi keuangan dan mendorong pertumbuhan bisnis dari layanan laku pandai. 

SEJALAN dengan program OJK, hal yang melatari Bank Bukopin untuk ikut menjalankan program Laku Pandai adalah karena masih banyak anggota masyarakat yang belum mengenal, menggunakan atau mendapatkan layanan perbankan dan layanan keuangan lainnya. Hal ini antara lain dikarenakan tempat tinggal yang jauh dari bank atau adanya biaya atau persyaratan yang memberatkan.

Bersama OJK, industri perbankan, dan industri jasa keuangan lainnya Bank Bukopin berkomitmen mendukung terwujudnya inklusi keuangan di Tanah Air.

Hal ini  sesuai dengan program Pemerintah yang telah mencanangkan program Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI) pada Juni 2012 silam, dimana satu program tersebut di antaranya adalah branchless banking.

Bank Bukopin meyakini branchless banking yang ada sekarang perlu dikembangkan lagi agar memungkinkan layanan perbankan dan layanan keuangan lainnya menjangkau segenap lapisan masyarakat di seluruh Indonesia.

Kebutuhan masyarakat di Indonesia akan layanan keuangan saat ini sudah semakin tinggi, baik pada masyarakat kota maupun di pedesaan. Hal ini menunjukkan bahwa bisnis pengelolaan uang adalah bisnis kepercayaan yang perlu dibangun di masyarakat, baik dari segi ketersediaan akses maupun edukasi.

Laku Pandai tentu dapat menjadi solusi atas kebutuhan ini. Program ini bertujuan menyediakan produk-produk keuangan yang sederhana, mudah dipahami, dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang belum dapat menjangkau layanan keuangan. Selain itu, juga melancarkan kegiatan ekonomi masyarakat sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan antarwilayah di Indonesia, terutama antara desa dan kota.

Bank Bukopin menjalankan layanan laku pandai melalui layanan b-tunai. Produk-produk yang disediakan dalam program ini adalah tabungan dengan karakteristik Basic Saving Account, kredit atau pembiayaan kepada nasabah mikro, dan produk keuangan lainnya seperti Asuransi Mikro. Di Bank Bukopin, produk basic saving account diberi nama Produk Tabungan Rakyat.

Konsep sederhana Laku Pandai adalah pemilihan dan pelatihan kepada nasabah yang dipilih oleh bank pelaksana Laku Pandai menjadi agen-agen penyedia layanan. Selain itu, agen juga dibekali cara-cara memberikan pemahaman untuk menabung dan bertransaksi. Dengan demikian, kegigihan agen diharapkan dapat menumbuhkan keyakinan masyarakat di pelosok untuk memanfaatkan layanan keuangan inklusif.

Bank Bukopin menerapkan Laku Pandai melalui layanan b-tunai. Melalui b-tunai, agen yang merupakan mitra bank dapat memberikan layanan transaksi perbankan kepada nasabah melalui agen. Media Agen untuk bertransaksi melalui aplikasi berbasis Website dan Mobile dengan menggunakan perangkat komputer atau ponsel sebagai media untuk bertransaksi dan nasabah bertransaksi menggunakan U$SD.

Saat ini agen b-tunai Bank Bukopin sudah tersebar di seluruh cabang di Indonesia, total per Januari 2019 mencapai 1.885 agen yang melayani 2.784 nasabah tabungan basic saving account.

Salah satu cara yang dilakukan Bank Bukopin untuk meningkatkan pertumbuhan agen di Indonesia yaitu dengan cara terus melakukan edukasi baik terhadap agen maupun nasabah di seluruh Cabang Bukopin. Melalui kegiatan edukasi dan sosialisasi, diharapkan para agen b -tunai lebih mengerti bagaimana cara menggunakan produk perbankan dan nasabah mengerti bagaimana cara bertransaksi b-tunai baik melalui agen maupun USSD sebagai salah satu layanan nasabah untuk bertransaksi.

Bersama otoritas dan penyedia jasa keuangan lainnya, Bank Bukopin pun tercatat sebagai salah satu Bank yang ikut mensukseskan program Laku Pandai. Bank Bukopin memiliki potensi besar untuk meningkatkan laku pandai mengingat jumlah Loket PPOB yang sangat tersebar di seluruh Indonesia, ini tentu menjadi modal utama dan menjadi salah satu potensi Bank Bukopin dalam menumbuhkan agen b-tunai.

Diharapkan program ini dapat efektif membantu masyarakat unbank dan Bank Bukopin berkomitmen untuk mendorong masyarakat agar semakin terbiasa dengan bertransaksi dan mengunakan layanan jasa perbankan. Bank Bukopin juga berkomitmen untuk terus melakukan dan memberikan edukasi kepada Agen dan Nasabah Tabungan Rakyat. Tentu tak cuma tabungan, B-tunai juga menyediakan produk-produk laku pandai lain, mulai pembelian asuransi hingga transaksi pembayaran.  (Adv)

Share This:

You may also like...