Kolaborasi UGM dan Sarihusada Dukung Produksi Susu Lokal

Ilustrasi-Foto: Agribisnis.co.id

YOGYAKARTA-—Universitas Gajah Mada (UGM) da Sarihusada Danone berkolaborasi mendukung peternak lokal di Ygyakarta dan Jawa Tengah untuk meningkatkan produksi susu. Kerja sama ini menargetkan agar produksi susu lokal bisa diserap Industri dengan menekan angka kuman sampai dengan 1 juta cfu/ml.

Staf Pengajar Fakultas Peternakan UGM Sigit Bintara dalam keterangan persnya, Rabu (22/1/20) mengungapkan upaya ini untuk mengimbangi semakin meningkatnya konsumsi susu di masyarakat dengan ketersediaan suplai dari peternak.

Tim UGM  bersama dengan Sarihusada  terjun dan berinteraksi memberdayakan langsung kepada 1.128 peternak lokal di daerah (Yogyakarta, Klaten, dan Boyolali).

“Kegiatan ini juga melibatkan empat koperasi dan satu Merapi Project, serta memelihara 1.500 susu laktasi dan 3.203 sapi perah,” ujar Sigit.

Sementara Retnawati, seorang peternak dari Cangkringan mengakui manfaat yang diterima dari program peningkatan mutu susu ini. Salah satunya sapi lebih sehat dan produktif, penggunaan air, dan pakan juga lebih efisien.

“Kami belajar cara memelihara sapi secara efektif dan higienis, membuat pakan yang bernutrisi, sistem kandang yang baik hingga penggunaan instalasi air otomatis yang berhasil membuat kami menghemat penggunaan air hingga 30-50 persen,” ujar Retna.

Sustainable Director Danone Indonesia Karyanto Wibowo menjelaskan program peningkatan mutu susu ditujukan untuk berbagi pengetahuan dan memberikan pendampingan kepada peternak lokal mitra dari Sarihusada yang ada di Yogyakarta dan Jawa Tengah di mana perusahaan beroperasi.

“Melalui upaya ini diharapkan susu hasil peternak lokal lebih berkualitas sehingga dapat diserap oleh industri susu secara nasional serta dapat berkontribusi pada pengembangan usaha lokal pengolahan makanan dan minuman berbasis susu,” pungkas dia.


Share This: