Kofifah Dorong Budi Daya Klengkeng Lumajang untuk Ekspor

LUMAJANG—-Kabupaten Lumajang mempunyai potensi pertanian buah klengeng kateki Kualitasnya premium, dengan daging yang tebal, binya kecil dan menyegarkan.

 Itu sebabnya Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mendorong agar buah ini dibudidayakan lebih luas dengan sertifikasi dari mulai bibitnya, lahan dan produknya.

“Jika itu dilakukan, maka klengkeng kateki sangat kompetitif dan punya potensi tidak sekedar dikembangkan untuk pasar dalam negeri tapi pengembangan untuk pasar luar negeri,” kata Khofifah Indar Parawansa saat melakukan kunjungan ke Kebun Klengkeng milik Bunadi di Desa Wonogriyo Kecamatan Tikung Kabupaten Lumajang, Minggu (27/9/20)

Khofifah meminta Bupati Lumajang Thoriqul Haq bersama Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang dan Kepala Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur membantu pemilik kebun klengkeng untuk melengkapi segala persyaratan yang dibutuhkan agar pada saatnya siap eksport.

“Ini pentingnya kami hadir untuk melihat bahwa semua persyaratan yang terkait sertifikasi dari benih, produk, lahan, ini harus kita lengkapi,” pintanya.

Khofifah menuturkan bahwa buah klengkeng ini bisa dipanen kapanpun karena bukan buah musiman. Sehingga, masa tanam dan masa panen dapat diperhitungkan.

“Klengkeng bukan buah musiman jadi bisa dihitung kapan kita menanam kapan bisa dipetik,” ungkap dia.

Gubernur mengapresiasi kepada Gunadi pemilik kebun yang mampu berupaya maksimal di tengah pandemi Covid-19.

“Pada saat pandemi Covid-19 seperti ini kita selalu menemukan hal-hal out of the box seperti yang dilakukan oleh Pak Gunadi owner dari kebun klengkeng ini,” tutup dia.

Share This:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *