Kinerja Kisel Kian Positif

Pada 2016, Kisel membukukan pendapatan sebesar Rp5,77 triliun. Dengan semangat kebersamaan, usahanya diyakini akan terus berkembang.

INDUSTRI telekomunikasi yang terus berkembang dengan segala variannya memberi dampak positif pada Koperasi Telekomunikasi Selular (Kisel). Sepanjang tahun lalu, Koperasi yang didirikan pada 23 Oktober 1996 ini sukses menggemukkan pundi-pundinya.

Bisnis utama Kisel bergerak di bidang penyedia jasa Penjualan dan Distribusi, Layanan Umum, dan Layanan Infrastruktur Telekomunikasi. Bisnis Penjualan dan Distribusi meliputi bisnis penyediaan layanan sales dan distribusi produk-produk industri Telko sampai ke seluruh pelosok nusantara. Bisnis Infrastruktur diarahkan untuk menjalin kerjasama dengan operator Telko terkait dengan dukungan berbagai proses bisnis implementasi infrastruktur, pengoperasian jaringan dan optimalisasi network. Sedangkan bisnis Layanan Umum mengoptimalkan potensi bisnis pemenuhan kebutuhan produk dan jasa penunjang operasional bisnis dan perkantoran.

Dari usahanya yang terfokus pada industri telekomunikasi dan penunjangnya tersebut, dalam RAT Tahun Buku 2016 Kisel mampu mencatatkan pendapatan sebesar Rp5,77 triliun atau tumbuh 16,85% dari tahun sebelumnya. Pendapatan dari dari bisnis modern channel menyumbang sebesar Rp217 miliar. Sedangkan terhadap target pendapatan Kisel berhasil mencapai pertumbuhan sebesar 104,64%. Pertumbuhan ini diikuti dengan pertumbuhan laba komprehensif yakni sebesar 41,40%.

Sikap optimistik tergambar dalam tema RAT tersebut yaitu “Together We Can Do Great Things”. Kisel yakin dengan semangat kebersamaan dan kerjasama yang baik akan menghasilkan pencapaian yang baik pula. Selain itu, tema tersebut juga sebagai pengingat agar seluruh pihak terus bersinergi untuk kemajuan koperasi yang anggotanya merupakan karyawan Telkomsel ini.

Salah satu mitra kerja sama Kisel yang setia adalah Traveloka, perusahaan e-commerce terkemuka. Hal ini ditandai dengan kesepakatan untuk  memperpanjang kerja sama tersebut yang semula hanya berjangka waktu enam bulan, diperpanjang menjadi dua tahun karena berhasil memberikan hasil positif bagi kedua belah pihak.

Dalam kerja sama tersebut, pelanggan dapat melakukan pembelian pulsa Simpati dan kuota internet di Traveloka melalui aplikasi ponsel. Cara ini memudahkan pelanggan karena tidak harus mendatangi counter. Cukup dengan mengundur aplikasi Traveloka di ponsel pintar dan mengikuti petunjuk yang disediakan.

Pencapaian Kisel dapat menjadi contoh terbaik pengelolaan koperasi karyawan secara profesional. Dengan captive market yang tersedia, Kisel mampu mengkapitalisasinya sebagai mesin pertumbuhan usaha.   (Drajat)

Share This: