Kerja Sama dengan Dukcapil, KSP Sejahtera Bersama Amankan Data Anggota

JAKARTA—- Koperasi Simpan PInjam Sejahtera Bersama (KSP-SB) dan 13 lembaga pelaku industri keuangan, bank maupun non bank lainnya menjalin kerja sama dengan  Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kemendagri.

Kerja sama ini terkait dengan pemanfaatan nomor induk kependudukan (NIK), data kependudukan dan KTP elektronik (e-KTP).   KSP SB tampil menjadi satu-satunya lembaga keuangan berbasis koperasi  dalam kerja sama itu.

Direktur Utama KSP-SB Vini Noviani mengatakan, pada saat ini kepercayaan dan apresiasi masyarakat terhadap bisnis koperasi makin terbuka.

“Kerja sama ini  tidak saja menjadi bukti bahwa koperasi diperhitungkan, tetapi juga menjadi sarana dalam upaya meningkatkan pelayanan  terhadap anggota,” kata Vini usai penandatanganan yang berlangsung hari, Selasa (16/7/19) di Jakarta.

Dengan dimanfaatkannya data kependudukan kemendagri, lanjut Vini,  pihaknya akan dapat

memvalidasi data identitas anggota untuk memenuhi aspek “Know your Customer” (KYC).

Selain itu juga untuk  mengantisipasi secara dini adanya  fraud saat bertransaksi dengan menguji validitas kartu identitas e-KTP. 

“Kerja sama tersebut juga dapat menghindarkan adanya data anggota ganda dan  mendukung program single identitiy number di Indonesia,” kata Vini.

Vini meyakini, kerja sama dengan Ditjen Dukcapil bakal meningkatkan kualitas layanan kepada anggota dengan mengedepankan prinsip kehati-hatian dalam penyaluran dana pinjaman, sehingga dapat berimplikasi pada pertumbuhan usaha yang positif. (Irm)

Share This:

You may also like...