Kementerian BUMN Pesan Alat Deteksi Corona dari Swiss

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Mahendra Sinulingga-Foto: BNPB.

JAKARTA—Kementerian BUMN mengumumkan akan mendatangkan  Polymerase Chain Reaction (PCR) atau alat deteksi corona yang memeriksa spesimen dari swab tenggorokan dan mulut di daerah-daerah.

Alat deteksi ini didatangkan dari Swiss dan tahap pertama ada 10 Lab yang tersebar ke seluruh provinsi. Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga, mengatakan fasilitas yang dimiliki sejumlah RS rujukan di Jakarta seperti PCR belum terdapat di daerah-daerah.

“Kementerian BUMN juga terus meningkatkan pasokan pengadaan alat-alat kesehatan guna memenuhi kebutuhan dalam negeri. Arya mengatakan BUMN berupaya meningkatkan pasokan masker hingga alat pelindung diri (APD), baik dari dalam maupun luar negeri,” ujar Arya dalam konferensi pers digital, Selasa (23/3/20).

Arya mengakui untuk  mengimpor masker maupun APD tidak mudah lantaran banyak negara juga tengah mencari masker maupun APD.

“Ini akan disiapkan BUMN (RNI) dan anak susahnya,” ujar dia.

Kementerian BUMN juga telah merangkul swasta untuk menyalurkan bantuan APD hingga makanan kepada tenaga medis.

“Ada 10 perusahaan logistik swasta yang mau gabung dengan BUMN menyalurkan kebutuhan perlengkapan logistik ke daerah-daerah,” tutup Arya.

Share This: