Kementan Janji pada Masyarakat Pasokan Cabai dan Bawang Merah Cukup untuk Ramadan dan Idul Fitri

Ilustrasi-Foto: Liputan 6

JAKARTA-— Direktur Jenderal Hortikultura Suwandi menuturkan Kementerian Pertanian menjanjikan dan memastikan cabai dan bawang merah cukup untuk kebutuhan rakyat selama Ramadan hingga Idul Fitri tahun ini. Kementan juga memproyeksikan harga bawang merah dan cabai kembali normal.  

Suwandi, mengatakan, sesuai arahan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman untuk menjaga pasokan dan stabilisasi harga, dua komoditas hortikultura yakni cabai dan bawang merah tersedia dan terjangkau.

“Stok pasti sangat mencukupi kebutuhan,” ungkap Suwandi di sela-sela pertemuan pengamanan pasokan dan stabilisasi harga aneka cabe dan bawang menyambut Ramadan dan Idul Fitri 2019 di Bogor, pada Jumat (26/4) yang dihadiri para petani dan petugas dinas sentra utama produksi cabai dan bawang.

Menurut Suwandi kepastian pasokan karena didukung panen raya bawang merah dan cabai yang terjadi di sentra-sentra besar bertepatan pada Mei-Juni 2019.

Terkait bawang putih, Kementan bersama dengan Kemendag kompak memastikan pasokan akan segera normal seiring dengan mulai diterbitkannya Surat Persetujuan Impor kepada beberapa importir. “Pasokan bawang merah saat ini sudah kembali normal,” kata Suwandi.

Suwandi menyebut harga di pasar induk sudah di bawah Rp20 ribu per kilo. Sentra-sentra besar seperti Brebes, Nganjuk, Demak, Grobogan hingga Bima saat ini sudah memasuki panen. 

Pasokan dan harga di Pasar Induk juga terpantau normal. Tren pasokan dan harga stabil ini akan terus berlanjut sampai lebaran nanti. Cabai rawit dan keriting pun sangat aman. Untuk jenis TW atau cabai merah besar dalam beberapa hari ke depan juga akan terkoreksi normal seiring panen di Parakan, Muntilan hingga Pujon Malang.

Terkait pasokan bawang putih, Suwandi memastikan akan segera terisi dari impor. Kementan sudah terbitkan rekomendasi impornya yang kemudian disusul dengan terbitnya izin impor dari Kemendag, jumlahnya sekitar 115 ribu ton.

“Pasokan cukup untuk kebutuhan puasa dan lebaran nanti. Surat rekomendasi impor berikutnya juga akan segera menyusul,” pungkas dia.

Sementara itu Info Pangan Jakarta menyebutkan bahwa harga bawang putih masih rata-rata Rp47.800 di pasar tradisional Jakarta dan harga bawang merah berkisar Rp41.872 dengan harga termurah Rp30 ribu di Pasar Paseban per kilogramnya.

Share This:

Next Post

Banjir Landa Jakarta, Dua Orang Meninggal dan 2.258 Mengungsi

Jum Apr 26 , 2019
JAKARTA—-Hujan deras dengan durasi yang cukup lama di wilayah Bogor telah menyebabkan naiknya debit Sungai Ciliwung pada 25/4/2019 malam. Tinggi muka air Sungai Ciliwung hingga mencapai 220 – 250 Sentimeter sehingga status Siaga1. Naiknya debit Sungai Cilwung menyebabkan banjir bantaran sungai di beberapa wilayah di Jakarta. Berdasarkan laporan Pusdalops BPBD […]