Kementan Beri Bantuan Benih Kentang dan Kopi pada Petani Kertasari

Menteri Pertanian Andi Amran-foto: Ayobandung.

BANDUNG—- Menteri Pertanian  Andi Amran Sulaiman menyerahkan bantuan benih kentang dan kopi kepada para petani di Desa Cibeureum dan Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Kamis (10/1/2019).  Secara simbolis bantuan yang diberikan berupa kentang  sebanyak 7 ton dan kopi satu juta pohon.

“Pemberian bantuan ini terkait dengan amanat Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2018 tentang Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai Citarum. Pemulihan fungsi DAS merupakan serangkaian kegiatan penanganan lahan yang mengalami kerusakan lingkungan,”  ujar Amran.

Menghijaukan DAS Citarum dengan tanaman kopi  dan kentang memberik mananfaat ganda. Menurut Amran tanaman kopi produktivitasnya tiga kali lipat dan  bantuan  kentang untuk menguatkan produksi yang punya  potensi ekspor. Saat ini impor kentang sudah  ditutup dan Indonesia sudah mencapai swasembada.

Dalam kunjungannya Amran juga memberi bantuan benih paket pengembangan kawasan cabai sebagai tanaman tumpang sari. Paket bantuan ini diberikan kepada Kelompok Tani Sadudulur, Nusa Utama, Baitussalam, Wana Tani, Sumber Jaya, Mutiara Tani, Jagat, Berdikari, Mekar Mukti dan Rahayu.

Hadir dalam pemberian bantuan dan penanaman kopi dan kentang secara tumpang sari ini anggota Komisi IV DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal, Direktur Jenderal Hortikultura Suwandi, Dirjen Perkebunan Bambang, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Uluman, Bupati Kabupaten Bandung Dadang M. Nasser, Direktur PTPN VIII Wahyu.

Bupati Kabupaten Bandung Dadang M. Nasser menyatakan, pelestarian sungai citarum merupakan amanat Presiden. “Menteri membawa oleh-oleh bibit kopi dan kentang. Ini kebijakan Presiden Jokowi untuk para petani. Ini perkebunan untuk masyarakat. Tumpang sari antara kopi, kina dan kentang,” ujar dia.

Share This:

You may also like...