Kemenkop dan Forwakop Jalin Sinergi Perkuat Peran KUKM

BOGOR—Kementerian Koperasi dan UKM menggelar Orientasi Jurnalis dengan melibatkan komunitas jurnalis dari Forum Wartawan Koperasi dan UKM (Forwakop) pada 13-14 Maret 2020.

Rangkaian kegiatan Orientasi Jurnalis dimulai dengan diskusi publik bertemakan “Koperasi dan UKM Penyelamat Ekonomi Indonesia” di Jakarta, Jumat (13/3/2020).

Adapun narasumber yang hadir, yakni Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM Bidang Ekonomi Kreatif Fiki Satari, Direktur Utama Smesco Indonesia Leonard Theosabrata, dan Direktur Utama LPDB KUMKM Supomo.

Kegiatan orientasi kemudian dilanjutkan ke kawasan Sentul, Bogor. Pada moment ini, Kemenkop dan UKM yang dipimpin oleh Kabag Humas, Sahrul berdiskusi dengan perwakilan 40 wartawan dari Forwakop tentang bagaimana memperkuat sinergitas publikasi program-program strategis Kemenkop dan UKM.

“Saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman wartawan yang selama ini sudah membangun relasi yang baik dengan Humas Kementerian Koperasi dan UKM. Dukungan teman-teman dalam membantu mempublikasikan program-program Kementerian Koperasi dan UKM sungguh sangat luar biasa,” ungkap Sahrul di hadapan wartawan, Jumat (13/3/20) malam.

Sahrul berkomitmen untuk terus memperkuat sinergitas bersama Forwakop. Dukungan sarana dan prasarana pendukung akan disediakan. Seperti menyediakan Pers Room yang bisa menjadi tempat wartawan untuk menulis berita dan tempat pertemuan bersama dan dilengkapi pula dengan wifi dan televisi.

Sahrul juga akan menyediakan access card untuk mempermudah wartawan keluar-masuk gedung Kemenkop dan UKM, maupun akan memfasilitasi kegiatan peliputan wartawan ke daerah dalam mengangkat success story koperasi dan UKM.

“Dukungan kami kepada teman-teman tidak lain karena kami menganggap tanpa dukungan dari teman-teman, kami tidak bisa berbuat banyak. Oleh karena itu, ke depan sinergi yang baik ini harus tetap kita pertahankan,” pungkas Sahrul.

Ketua Forwakop, Syarif Hasan Salampessy alias Pessy mengatakan Orientasi Jurnalis ini sebagai ajang konsolidasi wartawan yang terhimpun dalam organisasi Forwakop. Orientasi Jurnalis ini membicarakan penguatan organisasi di tingkat internal, dan sebagai media penyampaian aspirasi dari anggota Forwakop.

“Sebagai pengurus kami terbuka bagi anggota untuk memberikan sumbang saran terkait bagaimana memperkuat sinergitas dengan Humas Kementerian Koperasi dan UKM. Karena kita berangkat dari komitmen yang sama agar program-program Kementerian Koperasi dan UKM tersosialisasi dengan baik,” ujar Pessy.

Pessy menjelaskan bahwa organisasi Forwakop membawahi 60 wartawan dari berbagai media nasional di Jakarta. Sementara kegiatan Orientasi Jurnalis ini rutin diadakan setiap tahun oleh Humas Kemenkop dan UKM yang diikuti oleh wartawan anggota Forwakop.

“Ini juga sebagai ajang kumpul-kumpul atau silaturahmi antara sesama rekan sejawat. Jadi kita bisa saling mengenal satu sama yang lain, dan mengakrabkan kembali di antara sesama wartawan,” papar Pessy. (Fadli)

Share This: