Kemenhub Desak Maskapai Patuh pada Aturan Baru Harga Tiket

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana B Pramesti -Foto: Majalah Bandara.

JAKARTA-–Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana B Pramesti  mendesak maskapai segera menyesuaikan harga tiket pesawat dengan aturan baru Tarif Batas Atas (TBA) yang telah resmi keluarkan berdasarkan Keputusan Menteri (KM) Perhubungan Nomor 106 Tahun 2019 tentang Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri.

“Pemberlakukan KM 106 ini, maskapai harus segera melakukan penyesuaian paling lambat dua hari setelah ditetapkan,” tegas  Polana dalam konferensi pers di Gedung Kemenhub, Kamis (16/5). 

Dikatakannya aturan baru TBA tiket pesawat tersebut sudah ditandatangani sejak Rabu (15/5) malam. Dengan begitu, paling lambat KM 106 harus diberlakukan pada Sabtu (18/5). 

Menurut Polona KM 106 Tahun 2019 dibuat dengan mengatur adanya penurunan TBA tiket pesawat sebesar 12 sampai 16 persen. Revisi tersebut dilakukan sebagai bentuk kepedulian kepada aspirasi masyarakat dalam memperhatikan keberlangsungan industri penerbangan terutama menjelang pelaksanaan angkutan Lebaran 2019 ini. 

“KM Nomor 106 dibuat dengan mengedapankan faktor-faktor substansial keselamatan penerbangan. Begitu juga dengan ketepatan waktu pesawat yang menjadi salah satu prioritas,” ujar Polona. 

Menurut dia, Kemenhub juga sudah mempertimbangkan  komponen biaya kontribusi dari efektifitas operasional di bandara juga menjadi salah satu pertimbangan. Sehingga terjadi efisensi bahan bakar dan operasi pesawat udara sehingga memberikan kontribusi pengeoperasian pesawat.

Share This:

Next Post

Indonesia Komitmen Kerja Sama Internasional Penanggulangan Bencana

Kam Mei 16 , 2019
JAKARTA—Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan  Pemerintah Indonesia berkomitmen tinggi terhadap kerja sama internasional dalam penanggulangan bencana, khususnya pengurangan risiko bencana (PRB). Hal tersebut disampaikan JK pada Pertemuan Global Pengurangan Risiko Bencana pada Kamis (16/5) di Centre International de Conférences Genève, Jenewa, Swiss. “Kita memahami bahwa tidak ada satu pun negara […]