Kemendag Pantau dan Kawal Harga Gula Pasir

Ilustrasi-Foto: Istimewa

JAKARTA-–Sekalipun Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah Rp12.500 per kilogram, harga gula pasir di pasar tradisional Jakarta sudah menembus Rp13.000 bahkan ada yang mencapai Rp16.000. Demikian data dari Info Pangan Jakarta.

Hal ini diakui Inspektur Jenderal Kemendag Srie Agustina ketika memantau harga gula pasir di dua pasar Jakarta.  Menurut dia hasil pantauan menunjukan harga gula naik tipis.

“Meskipun demikian pemerintah memastikan kenaikan harga gula pasir tidak signifikan jelang Lebaran tahun ini,” ujar Srie Agustina kepada wartawan di Jakarta, Rabu (29/5).

Menurut Srie kenaikan harga gula pasir kemungkinan didorong oleh banyaknya permintaan pada Ramadan kali ini.  Gula banyak dibutuhkan untuk  masakan serta olahan yang dibuat pada momentum Ramadhan. 

Srie  sekalipun tidak menyebut jumlah pasti stok gula yang tersedia, mengatakan, pemerintah menjamin ketersediaan pasokan gula stabil hingga Lebaran nanti. Guna memastikan pasokan terjaga, dia mengatakan akan terus menggandeng pihak distributor untuk terus menyediakan suplai.

Dia juga menuturkan, jika memang lonjakan harga terus terjadi, kata dia, Kemendag akan menggandeng Bulog untuk memainkan peran sebagai penjamin stabilitas harga dan pasokan.

Share This:

You may also like...