Kemendag Ajak Waralaba Gandeng Platform Masuk Pasar Global

Ilustrasi-Foto:Berita Satu

JAKARTA—-Kementerian Perdagangan menodorong usaha waralaba gara melakukan transformasi usaha lewat jagat maya. Kerja sama dengan platform digital memperluas jangkauan usaha.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Syailendra menyampaikan pada  era industry 4.0, pelaku usaha harus mampu menjawab berbagai tantangan.

“Kami siap membantu dan memfasilitasi mereka hingga ke pasar global, terutama di masa pandemi ini,” kata Syailendra saat konferensi pers  Grand Opening Virtual Expo Indonesia Digital Trade Show in Conjuction with ‘Indonesia Local Brand Expo 2020’ pada Selasa (17/11/20).

Dia mencontohkan, waralaba lokal yang go internasional seperti Alfamart dan Babarafi, yang dibina dari awal, kembangkan, dan pasarkan ke luar negeri. 

Kemendag memiliki banyak perwakilan di 34 negara. Para perwakilan tersebut berperan aktif membantu pelaku usaha lokal masuk ke pasar global.

Lanjut Syailendra, pihaknya melakukan berbagai upaya mendukung pelaku waralaba. Di antaranya melakukan pembinaan dan bimbingan teknis.

“Kami memberikan akses pasar sambil mencai potesi yang bisa dikembangkan di pasar internasional,” ucap Syailendra.

Meskipun demikian membutuhkan kerja sama dari semua pihak supaya bisa mendapatkan lebih banyak pelaku waralaba yang berpotensi masuk pasar global.

Share This: