Kedalaman Teknologi Compaq Rontok Jua

COMPAQ lahir 1982. Valuasi puncaknya US$40 miliar dicapai tahun 2000. Sayang, merek laptop ini dihapus HP pada 2013. Komputer Compaq (CQ) didirikan oleh tiga serangkai Rod Canion, Jim Harris dan Bill Murto. Mereka resign dari Texas Instruments karena melihat kesempatan melakukan disrupsi di era komputer ‘purba’.

Sejak 2002, Compaq jadi bagian Hewlett-Packard, yang berpusat di Silicon Valley. Akuisisi oleh HP ini bernilai US$25 miliar. Produk desain Compaq sendiri masih diproduksi hingga 2013. Nama Compaq singkatan dari compatibility and quality, merupakan pelopor komputer clone kompatibel PC IBM.

Pembiayaan awal CQ berasal dari Benjamin M Rosen dan Sevin Rosen Funds yang inves sekitar US$1,5 juta. Selanjutnya, tiga serangkai pendiri mampu menghimpun US$25 juta lagi dari para venture capitalists.

Posisi Compaq dalam sejarah komputer sangat penting. Merekalah yang pertama kalinya sukses melakukan reverse engineering secara legal PC IBM dengan hati-hati, tanpa melanggar hak cipta dan hak paten. Sejak itulah clone-clone PC IBM merajalela.

Berbagai kelebihan Compaq—antara lain menggunakan teknologi terbaru di masanya, yaitu mikrocip Intel; kedalaman teknologi dan riset CQ melampaui para kompetitornya, Dell Computer dan Gateway 2000—melambungkan pertumbuhan dengan menjual 53.000 PC seharga US$111 juta di tahun pertama. Tahun berikutnya, 1991, CQ langsung go public di NYSE dan meraup kapital US$67 juta.

Pada 1986 saja, omzet mencapai US$329 juta dengan produksi 150.000 unit PC. Setahun berikutnya jadi US$1 miliar. Sayang, legenda CQ ini sirna di tahun 2013. Merger CQ dengan HP kurang ditangani dengan baik, sehingga market value HP turun drastis.●

Share This: