Keberadaan Koperasi Mendorong Transformasi Ekonomi

Upacara pembukaan Peringatan Harkopnas-Foto :IndoTimes

PURWOKERTO—-Menteri Koordinator Bidang Ekonomi Darmin Nasution memproyeksikan akan ada ribuan koperasi yang terbentuk dan menjadi transformasi ekonomi.  Pembentukan ini menggunakan metode kelompok, kluster dan mmebuat perubahan koperasi mendorong kemajuan ekonomi.

“Pemerintah pusat telah menjalankan pemerataan ekonomi melalui reforma agraria, seperti redistribusi lahan dan perhutanan sosial. Pemerintah akan melakukan percepatan upaya melalui koperasi agar terjadi transformasi ekonomi,”  kata Darmin di sela-sela peringatan Hari Koperasi Nasional ke-72 di GOR Satria Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Jumat, 12 Juli 2019

Lanjut Darmin, budi daya diperbaiki dengan teknologi dan dibantu KUR. Jika terbentuk kelompok, kluster, atau koperasi, KUR lebih mudah diberikan,” ucap Darmin di sela-sela peringatan Hari Koperasi Nasional ke-72 di GOR Satria Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Jumat, 12 Juli 2019.

Darmin mengatakan, alokasi KUR dengan bunga murah 7% akan mudah tersalurkan untuk membantu pembiayaan KUMKM.  Penerima KUR memang individu-individu. Namun, koperasi bisa memberikan daftar nama siapa-siapa UKM yang menjadi anggota koperasi yang layak mendapatkan KUR.

“Dengan membentuk koperasi, kita juga akan lebih mudah mengorganisasikannya. Tentunya dengan perbaikan di sisi budi daya lewat teknologi,” ucap Darmin.

Pembukaan Peringatan Hari Koperasi ke 72 dihadiri  Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga, Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan para Bupati/Walikota se-Indonesia.

Share This:

You may also like...