Jumlah Pemudik Lebaran 2019 Diperkirakan Capai 22, 83 Juta Orang

Ilustrasi Rakor-Foto: Bisnis.com

BANDUNG—-Jumlah penumpang angkutan umum yang akan mudik pada Lebaran 2019 diperkirakan mencapai 22,83 juta orang. Jumlah ini meningkat empat persen dibandingkan tahun sebelumnya. Survei yang dilakukan Kementerian Perhubungan menunjukan bahwa 4,4 juta penumpang memilih moda transportasi bus.

Demikian antara lain dikatakan Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Budi Setiyadi dalam Rapat Koordinasi Angkutan Lebaran Tahun 2019 antara Kemenhub dengan Polisi Lalu Lintas Republik Indonesia di Gedung Sate Bandung, Selasa (7/5).

“Pemudik yang menggunakan moda transportasi kereta api 2,4 juta orang, yang menggunakan pesawat 1,4 juta dan 4,3 juta menggunakan mobil pribadi. Sedangkan jumlah pengguna sepeda motor diperkirakan mencapai 940 ribu dan bakal mendominasi pintura,” kata Budi.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada kesempatan yang sama mengatakan, tingginya preferensi jalur darat karena sudah Jalan Tol Trans Jawa sudah bisa digunakan. Dia juga berharap dengan perlakuan satu arah untuk antisipasi arus mudik membuat kecepatan dan kapasitas lebih memadai.

“Tentunya kami meminta Dinas Perhubungan Daerah dan Polres tetap mengawasi kecepatan pemudik berkendara, terutama yang  menggunakan sepeda motor,” pungkas Budi.

Share This:

Next Post

Gibran Tragari, Kemandiran Pangan Berkelanjutan

Rab Mei 8 , 2019
DEPOK-—Tanaman sehat jika tumbuh di tanah sehat dan tanah sehat adalah tanah yang mengandung banyak kehidupan. Cara menghidupkan tanah dengan memperbanyak ekosistem kehidupan tanah.  Dengan kegiatan mengkompos, berfungsi menambah mikroorganisme di tanah, menggemburkan dan memberi makan mahluk hidup di tanah. Ada yang menyebut sebagai recovery (pemulihan), namun bukan hanya mengembalikan […]