Jokowi Ajak Negara Asean Manfaatkan Peluang dari Situasi Ekonomi Global

Presiden Jokowi saat memberikan sambutan dalam The 37th Conference ASEAN Federation of Engineering Organisations (CAFEO 37) yang digelar di Jakarta International Expo, Kemayoran, pada Rabu, 11 September 2019. Foto: BPMI Setpres/Kris

JAKARTA—Negara-negara Asia Tenggara yang tergabung dalam Asean sebetulnya mendapatkan peluang dengan situasi ekonomi dunia yang sedang sulit. Asean dapat memanfaatkan kemunduran di beberapa kawasan sebagai peluang untuk kita bisa melompat ke depan.

“Tidak ada cara lain selain kita harus selalu mengembangkan inovasi dan melakukan terobosan,” ucap Presiden Joko Widodo di depan para perwakilan organisasi insinyur se-Asean yang menghadiri pembukaan Konferensi Federasi Organisasi Insinyur Asean ke-37 di Jakarta International Expo, Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Jokowi mengatakan, ekonomi dunia sekarang sedang tidak ramah. Sejumlah negara, menurutnya, mengalami kemunduran ekonomi. Sebagian di antaranya bahkan mengalami resesi. Negara-negara Asean harus membentengi diri untuk tetap tumbuh stabil dan berkelanjutan.

“Asean merupakan sebuah kekuatan besar ekonomi dunia dengan penduduk sekitar 600 juta. Asean telah membuktikan diri sebagai kawasan yang aman, stabil, pertumbuhan ekonomi yang mengagumkan,” ungkap Jokowi.

Lanjut Jokowi, untuk tumbuh besar lagi maka butuh sinergi lebih banyak lagi. Negara-negara Asean harus saling membantu satu dengan yang lainnya termasuk di antara insinyur yang ada.

“Negara-negara Asean merupakan satu keluarga. Persaudaraan dan kerja sama antara keluarga besar Asean telah berjalan sangat baik. Saat ini ada kebutuhan mendesak untuk bekerja sama lebih kuat, ” ucap Jokowi.

Share This:

You may also like...