Jelajah Tujuh Curug Cilember

Curug Cilember adalah sebuah wanawisata air terjun di Desa Jogjongan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Pengunjung yang tidak membawa kendaraan pribadi bisa naik ojek motor dari jalan raya Cisarua untuk mencapai lokasi. Di dalam area seluas 5,9 hektare yang dikelola oleh Perum Perhutani ini juga terdapat Taman Kupu-Kupu, Camping Ground, fasilitas outbond, penginapan, area penjualan makanan dan cenderamata.

Curug Cilember

Curug pertama yang dijumpai adalah curug ketujuh. Letaknya paling bawah dan paling banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Ada yang sekadar ingin berfoto-foto, bermain air atau melakukan pijat refleksi dengan memanfaatkan curahan air terjun yang cukup deras. Tetapi ada juga yang datang untuk membuktikan mitos, bahwa konon air curug membawa khasiat awet muda dan enteng jodoh.

Jika pendakian dilanjutkan, kita akan bertemu dengan curug keenam, kelima, keempat, ketiga, kedua dan kesatu. Setiap curug memiliki daya tarik sendiri dengan bentuknya yang berbeda-beda. Curug keenam saja termasuk susah dicapai karena tidak ada jalan setapak menuju ke sana. Curug kesatu paling jarang dikunjungi karena merupakan daerah resapan air.

Dengan suhu udara 18-23 C karena berada di ketinggian 800-900 meter dpl, lokasi ini merupakan tempat yang cocok untuk berlibur bersama keluarga atau teman-teman.

 

Share This:

Next Post

Sensasi Hutan Pinus Cikole Jayagiri

Sen Jul 6 , 2015
Menginap di tengah rimbunnya jajaran hutan pinus di punggung gunung Tangkuban Perahu, sungguh pengalaman yang sulit terlupakan. Terlebih bagi warga kota metropolitan seperti Bandung atau Jakarta yang kesehariannya penat ditikam kemacetan lalulintas. Nah, pilihan menghirup udara segar di resort milik Perum Perhutani seluas 20 ha ini sungguh bijak. Selain menyajikan […]