Jawara OSN Pertamina, Energi dari Plankton

Jawara OSN

Sukses mengembangkan microalgae dalam sebuah reaktor biologi, trio mahasiswaUniversitas Surabaya dinyatakansebagaipemenangOlimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina 2015.Tim yang diketuaiYoanes Maria, dengananggotaYoko Brigitte Wang dan Melisa Gunawanitumenjuaraikategori Tim Proyek Sains.Judulkreasimereka“Yellow Green Microalgae – Nannochloropsis oculata as a New Source of Electricity”.

Mewakilikampusnya, Yoanes Maria cs. yang barupertama kali ikutlombajenisinitampakberbinar.PadahariKamis, 26 November 2015, parapemenangdiumumkan di Gedung Integrated Faculty Club Universitas Indonesia.Proyek mereka dianggap dewan juri sangat merefleksikan semangat tema OSN Pertamina 2015 yaitu energi baru terbarukan.Lebihjauh, proyek ini mempunyai potensi besar untuk dikembangkan lebih lanjut bagi kepentingan masal.

Menjelaskaninovasiyang dicapai trim, Yoanes yang kini duduk di semester lima program studi Biologi, Fakultas Teknobiologi Universitas Surabayasangatbersemangat. Intinya, mengubahMicroalgae (Nannochloropsis oculata) atau sejenis plankton air laut jadi sumber energi baru terbarukan.Caranya, dengan mengembangkan microalgae di dalam sebuah reaktor biologi dengan media air laut yang bersifat elektrolit. Reaktor yang menggunakan lempengan elektroda selanjutnya memicu reaksi penghantaran listrik oleh microalgae sehingga bisa digunakan sebagai energi.

“Proses ini bersih dan dapat diperbarui karena sisa buangan produksi dari reaksi pertama dapat digunakan kembali dengan diproses terlebih dahulu di air tawar,” ujarnya.Atascapaiantersebut, Corporate Secretary Pertamina, Wisnuntoro, pantasbangga.“Kami ucapkan selamat kepada para pemenang.Banyak sekali karya-karya yang kuat dan inovatif untuk nantinya kita lakukan pendampingan dandikembangkan dalam skala yang lebih besar dan serius. Ini salah satu tujuan utama pasca-OSN yang akan dilakukan Pertamina bersama dengan Direktorat Gas Energi Baru Terbarukan”.

OSN Pertamina 2015 melombakan dua kategori: teori dan proyek sains. Di kategori teori, hadiah diberikan kepada 4 orang juara di bidang Fisika, Kimia, Biologi, dan Matematika. Untuk kategori proyek sains, hadiah diberikan kepada 3 pemenangdan 5 honorable mention. Total hadiah yang diterima para pemenang senilai Rp3,3 miliar. “Hadiah ini menjadi modal yang sangat berarti untuk lebih mengembangkan penelitian sains kami,” kata Yoanes.(nay)

Share This:

You may also like...