Jasa Marga Sebut 234.923 Kendaraan Meninggalkan Jakarta

Ilustrasi Kepadatan Jalan Tol-Foto: tirto.

JAKARTA-—AVP Corporate Communications Jasa Marga Dwimawan Heru mengumumkan sebanyak  234.923 kendaraan meninggalkan Jakarta melalui Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama Jalan Tol Jakarta – Cikampek. Jumlah tersebut meningkat 37,6 persen dari volume lalin harian normal sebanyak 170.768 kendaraan.

“Dalam tiga hari pada Libur Natal dan Tahun Baru 2019, yakni 28-30 Desember 2018 terdapat peningkatan lalu lintas (lalin) kendaraan yang meninggalkan  Jakarta,”  ujar Dwimawan di Jakarta, Senin (31/12/2018).

Menurut dia khusus untuk lalin pada hari Minggu 30 Desember, Jasa Marga mencatat 68.478 kendaraan meninggalkan Jakarta melalui GT Cikarang Utama. Memang tidak naik signifikan seperti dua hari sebelumnya, namun angka tersebut menggambarkan peningkatan sebesar 28,7 persen dari volume lalin normal sebanyak 53.220 kendaraan.

Distribusi lalu lintas dari GT Cikarang Utama ke Jalur Utara via GT Palimanan dan GT Cikampek sebesar 52,3 persen. Sedangkan untuk kendaraan yang menuju Jalur Selatan via GT Sadang dan GT Cileunyi sebesar 47,7 persen.

“Selain di GT Cikarang Utama, Jasa Marga juga mencatat peningkatan lalu lintas harian yang cukup signifikan di sejumlah Gerbang Tol (GT) di antaranya adalah GT Pasteur di Jalan Tol Purbaleunyi dan GT Ciawi di Jalan Tol Jagorawi,”kata  dia.

Dwimawan meminta  pengguna jalan yang ingin melakukan perjalanan mudik hari ini untuk mengatur waktu keberangkatan guna menghindari kepadatan lalu lintas serta memastikan kecukupan saldo uang elektronik sebelum memasuki jalan tol.

Share This: