Inovasi Berbasis IT

KSP SB merupakan salah satu koperasi yang agresif dalam memperluas jaringan kantor dan meningkatkan permodalan untuk menunjang penetrasi pasar.

DALAM persaingan ekonomi yang semakin ketat, inovasi yang terukur menjadi kunci sukses agar usaha bisa terus berlanjut. Pun demikian halnya di gerakan perkoperasian dimana kompetisi kini tidak saja terjadi sesama koperasi tetapi juga dengan lembaga keuangan nonkoperasi lainnya. Perkembangan teknologi informasi (IT) memberi peluang yang sama kepada setiap perusahaan untuk meningkatkan daya saing.

KSP SB sebagai salah satu koperasi terbesar di Indonesia senantiasa mengembangkan inovasi pelayanan untuk memenuhi kebutuhan anggota. Koperasi yang berkantor pusat di Bogor Jawa Barat ini memanfaatkan perkembangan IT untuk memacu daya saing dan efisiensi proses bisnis. Hal ini bukan hanya sekadar hiasan bibir belaka tetapi telah direalisasikan.

Pelaksanaan RAT secara elektronik (e-RAT) merupakan salah satu bukti meleknya koperasi ini terhadap perkembangan IT. Dengan pelaksanaan e-RAT, prosesnya lebih efisien dan memungkinkan partisipasi anggota yang lebih besar.

Selain e-RAT, Koperasi yang memiliki jargon Your Financial Solution ini juga melakukan pendekatan pasar dengan melengkapi tenaga pemasarannya dengan peralatan Electronic Data Capture (EDC). Dengan alat ini, anggota tidak perlu datang ke kantor koperasi untuk menunaikan kewajibannya, baik menyimpan atau pun membayar angsuran. Sehingga proses binis menjadi lebih efektif dan efisien.

KSP SB juga terus meningkatkan kualitas sistem informasi di Kantor Pusat dan Kantor Cabang sehingga memudahkan akses pelayanan kepada anggota (online system). Utilisasi infrastruktur IT diyakini dapat mendorong kualitas layanan yang diberikan kepada anggota.

Dengan inovasi yang dilakukan, terbukti berdampak terhadap kinerja koperasi. Pada akhir 2016, tercatat aset sebesar Rp2,05 triliun, naik 22,71% dari tahun sebelumnya Rp1,67 triliun. Pinjaman yang disalurkan sebesar Rp1,05 triliun, naik tipis 1,55% dari 2015 yang sebesar Rp1,03 triliun.

Rasio keuangan lainnya juga positif dimana rasio likuiditas sebesar 94,58%, solvabilitas 101,41%, rentabilitas usaha 0,45%, dan NPL 2,05%. Hal ini menunjukkan usaha koperasi berjalan dengan baik meski kondisi ekonomi melambat dan persaingan usaha semakin tajam.

Membaiknya kinerja keuangan ditunjang oleh kepercayaan masyarakat terhadap koperasi. Hal ini ditunjukkan dengan bertambahnya jumlah anggota sebanyak 28.665 orang menjadi 98.754 orang. Penambahan anggota baru ini dapat menjadi salah satu ukuran kesinambungan usaha KSP SB yang memiliki core bisnis simpan pinjam.

Pada tahun ini, Pengurus dan Pengawas KSP SB bertekad untuk membukukan kinerja yang lebih baik. Oleh karenanya, KSP SB akan fokus pada perkuatan posisi manajemen dan SDM;  peningkatan posisi permodalan untuk membiayai perluasan jaringan; menjalin kerja sama dengan perbankan maupun lembaga keuangan lainnya; perluasan jaringan usaha dengan membuka kantor cabang di beberapa daerah; dan memperkuat jati diri koperasi. (Drajat)

Share This:

One Comment on “Inovasi Berbasis IT”

Comments are closed.