Ingat 4 Hal Sebelum Mencoba

PERALATAN paralayang serba ringan. Berat seluruh perlengkapannya (parasut, harness, parasut cadangan, helmet) sekitar 10 hingga 15 kg. Peralatan tersebut juga sangat praktis karena dapat dimasukkan ke dalam ransel untuk digendong di punggung.

Perlengkapan utama olahraga ini antara lain parasut utama dan cadangan, i, dan helmet. Perlengkapan pendukung terbang yang diperlukan antara lain variometer, radio/HT, GPS, windmeter, peta lokasi terbang. Pakaian penerbang antara lain baju terbang/flight suit, sarung tangan, dan sepatu berleher tinggi/boot.

Jenis parasut yang dipergunakan sangat tergantung tingkat kemampuan dan berat penerbang. Setidak-tidaknya terdapat tiga jenis parasut paralayang yaitu, parasut untuk pemula, parasut untuk penerbang menengah, dan parasut untuk penerbang mahir. Ukuran parasut juga harus sesuai dengan berat penerbangnya. Ukuran yang tersedia antara lain XS, S, M, L, disamping LL untuk terbang berdua/tandem.

Pilot duduk di suatu sabuk (harness) yang menggantung di bawah sayap kain yang bentuknya ditentukan oleh ikatan tali dan tekanan udara yang memasuki ventilasi di bagian depan sayap.

Di Yogyakarta, latihan paralayang biasa dilakukan di kawasan tebing Parangendog dengan pendaratan di pantai Parangtritis. Bulan-bulan baik untuk melakukan latihan adalah dari Januari hingga April. Sebelum anda mengangkasa layaknya burung, pastikan empat hal berikut:

  1. Anda positif tidak fobia ketinggian. Paralayang memang bukan untuk semua wisatawan, apalagi jika anda fobia ketinggian (acrophobia);
  2. Pilih paralayang tandem. Paralayang tandem jauh lebih aman daripada terbang solo. Pemandu berlisensi menjaga anda selama berada di atas sana. Paralayang solo membutuhkan lisensi khusus. Minimal berusia 14 tahun, selain harus siap secara fisik dan mental;
  3. Gunakan pengaman yang telah disediakan. Ikuti dan dengar baik-baik semua instruksi yang diberikan dengan cermat;
  4. Jangan lupa persiapan pribadi. Misalnya, memakai celana panjang berbahan lateks atau celana training, jaket yang cukup tebal, alas kaki tertutup yang menempel erat di kaki, sepatu bertali atau sepatu waterproof ●(dd)

Share This:

You may also like...