Hitung-hitungan Memulai Usaha

Bisnis yang dimulai tanpa adanya kiat khusus bagi pemula tidak akan berjalan dengan mulus, meski anda memiliki modal besar. Bisnis bukan hanya soal modal. Tak kalah penting adalah pilihan dan penerapan strategi yang jitu.

            UNTUK memulai usaha tentu saja, selain modal, diperlukan keterampilan dan ketekunan. Beberapa hal harus diperhatikan agar bisnis tersebut bisa berjalan dengan lancar dan terhindar dari kerugian. Kiat memulai bisnis  sangat diperlukan bagi siapa saja, terutama bagi pendatang baru di dunia ini. Bisnis saat ini menjadi pilihan banyak orang karena semakin sulit mendapatkan pekerjaan yang sesuai. Lagipula, gaji yang diberikan oleh pihak perusahaan sangatlah minim.

BERBISNIS bukanlah pilihan alternatif bagi seseorang ketika dia kesulitan mendapatkan pekerjaan yang layak. Sebab, bisnis bisa menjadi sumber pendapatan utama bagi pemiliknya. Bila ingin memulai berbisnis, tentu saja anda harus mengetahui kiat memulai bisnis yang akan anda jalankan.

Bisnis yang baik harus dijalankan dengan perencanaan yang matang dan pelaksanaan yang baik. Sebelum memulai, anda bisa melihat bisnis yang akan anda pilih dan jalankan dengan melihat orang yang telah berhasil di bidang usaha yang sama.

Anda memerlukan kiat untuk memulai bisnis, di samping tentu saja persiapan modal. Kiat ini merupakan pakem umum para pemula. Inilah cara cermat agar bisnis yang anda jalani memiliki prospek dan bisa berkembang. Tanpa memiliki kiat khusus, para pemula umumnya terjebak pada situasi umum: kandas sebelum berlayar, sekalipun dia memiliki modal yang banyak. Modal memang penting. Tapi tak kalah penting adalah pilihan dan penerapan strategi yang jitu.

Mencermati orang sukses. Sebelum memulai berbisnis, anda bisa memetik hikmah dari beberapa pebisnis sukses. Simak dengan teliti kisah sukses mereka, tahap-tahap yang mereka tempuh sebelum sampai pada posisi terakhir. Kiat sukses mereka memulai bisnis bisa memantapkan pertimbangan anda untuk menentukan (pilihan) bisnis apa yang cocok. Anda bisa bertanya kepada mereka. Bila bisnis tersebut memiliki prospek bagus, boleh juga mengikuti jejak mereka.

Memilih. Jika telah diketahui beberapa kiat memulai bisnis dari pebisnis yang sukses, anda bisa mnentukn pilihan yang pas sebagai langkah awal. Pilihlah bisnis yang benar-benar anda minati dan anda yakini mampu menjalankannya. Bukan karena kalkulasi (asumsi) besarnya laba yang akan diperoleh. Toh jauh lebih penting anda pikirkan apakah anda benar-benar bisa menjalankannya.

Berkreasi. Jika anda sudah mantap jiwa dalam menentukan bisnis apa yang akan anda jalankan, berikan sedikit sentuhan baru pada bisnis tersebut. Inovasi terhadap bisnis baru merupakan kiat memulai bisnis agar bisa menghadirkan ciri khas. Pembeda itu sesuatu yang penting. Tanpa itu, anda mengabaikan identitas, yang mestinya didapat sejak awal.

Jika anda masuk pada bisnis generik yang diminati banyak orang, pemberian ‘warna’ menjadi penting. Umpamanya, dengan tawaran harga yang lebih murah dan kualitas yang baik; cara pemasaran yang berbeda dan menarik; dan  beberapa hal lain yang bisa mendukung.

            Jaga kepercayaan. Di tahap tertentu, ketika bisnis anda telah berkembang dan banyak konsumennya, pertahankan kualitas produk agar kepercayaan konsumen tetap terjaga. Kepercayaan adalah kata kunci penting yang sering terabaikan para peula. Khususnya ketika bisnis mereka mulai naik daun.●

Share This:

Next Post

Pintar Memasarkan Produk Anyar

Sel Apr 30 , 2019
Promosi tak lain dari penyebarluasan informasi produk ke target pasar potensial, mendorong peningkatan penjualan, mendapatkan pelanggan baru dan mempertahankan loyalitas pelanggan. BAGAIMANA cara memasarkan sebuah produk baru? Itu masalah yang paling umum dihadapi para pemain baru, bahkan para pemain lama sekalipun. Cara itulah yang bakal menentukan pencapaian tujuan bisnis berupa peningkatan […]