Hipmi Ajak Pemuda Indonesia Jaga Kedaulatan Ekonomi

Mardani H. Maming-Foto: Istimewa.

JAKARTA—Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) mengajak para pemuda menjaga kedaulatan ekonomi. Pasalnya, kemerdeaan ekonomi bisa dicapai jika pemikiran pemuda berubah dari bekerja untuk orang lain, menjadi mandiri bahkan menyediakan lapangan kerja.

Hal itu dikatakan Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Hipmi Mardani H Maming dalam sabutannya mempeirngati HUT Kemerdekaan RI ke 75.

“Indonesia sudah merdeka 75 tahun, apakah kita sudah merdeka dari semuanya? Kita bisa merdeka dari penjajahan, tapi kita belum merdeka dari perekonomian.,” ujar Mardani dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (17/8/20).

Mardani menuturan, hal ini hanya bisa diubah oleh anak muda seperti yang telah terjadi dalam sejarah.

Pandemi Covid-19 ini telah menghantam semua lini, termasuk ekonomi. Namun, ekonomi bisa ditingkatkan jika banyak bermunculan entrepreneur muda yang mampu menciptakan lapangan pekerjaan.

“Untuk menjadi negara maju kita butuh 10 persen jumlah penduduk untuk menjadi pengusaha, maka tingkat pengangguran di Indonesia bisa dikurangi dan pergerakan ekonomi bisa meningkat,” papar mantan Bupati Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Meskipun demikian Mardani percaya dalam lima hingga 10 tahun ke depan, ia percaya bahwa pemimpin bangsa Indonesia adalah anak muda dalam memasuki era bonus demografi.

Dia mengingatkan pemerintah harus mengatur regulasi agar anak-anak muda berani menjadi pengusaha. Jika tidak, maka bukan era bonus demografi yang dihadapi tetapi era bencana bonus demografi.

“Kalau tidak ada regulasi, mau jadi pengusaha takut, modal susah dan persaingan ketat. Kalau kita tidak membuat regulasi untuk anak muda, era bencana bonus demografi yang kita hadapi,” ingat dia.

Maming berharap para pengusaha bisa berperan aktif menggerakkan perekonomian bangsa. Mardani berharap usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) khususnya di bawah organisasinya juga bisa lahir sebagai puncak perekonomian bagi bangsa dan negara.


Share This:

One Comment on “Hipmi Ajak Pemuda Indonesia Jaga Kedaulatan Ekonomi”

Comments are closed.