Harga Fantastis Harley Tua

 harley tua

Angka Rp87 miliar agak sulit dicerna akal sehat untuk harga sebuah sepeda motor produksi awal abad silam. Tapi, begitulah.

Sebuah motor Harley berumur 103 tahun terjual dengan harga Rp87 miliar. Nilai itu membuat motor antik Harley-Davidson ini menjadi yang termahal di dunia. Balai lelang Mecum Auctions di Las Vegas melelang motor tersebut pada 9-11 Januari 2014 lalu. Sebuah Harley-Davidson 7D Twin lansiran 1911 yang dilepas tahun berikutnya dengan kode pemasaran #1910A dan memiliki julukan ‘The Silent Gray Fellow’.
Kapasitas mesin motor klasik ini 800 cc, dan menjadi motor dengan isi silinder terbesar. Mesinnya mampu melontarkan tenaga sebesar 6,5 bhp cuma mampu berlari hingga kecepatan maksimal 97 km/jam. Dimensi panjangnya 1.440 mm dengan bobot 134 kg. Ketika dilelang, kondisinya asli 100% dan dalam keadaan sempurna.
Balai lelang Mecum Auctions harus membawa Jean Davidson dan Jon Davidson Oeflein, dari keluarga Harley-Davidson, untuk melepas motor ini. Jean adalah cucu Walter Davidson, satu dari empat pendiri merek ini yang menjadi presiden pertama Harley-Davidson.
Riwayat motor Harley-Davidson berawal pada 1903, di Milwaukee. Saat itu, Bill Harley dan Arthur Walter Davidson mengembangkan sebuah motor satu silinder. Hasil perdana adalah mesin satu silinder dengan kapasitas 60 cc. Dengan suksesnya dua saudara Arthur tersebut, Walter dan William Davidson ikut bergabung. Dua tahun kemudian, mereka sepakat melembagakan usaha bersama itu ke dalam Harley Davidson Motorcycles Co.
Ketika berdiri, perusahaan itu baru memproduksi tiga unit motor. Yang disebut pabrik itu adalah gubuk kecil di belakang rumah keluarga Davidson. Pada tahun 1905, mereka berhasil membuat 11 unit motor. Pada 1906, perusahaan itu pindah ke Juneau Avenue, menempati ruangan lebih luas. Tahun itu Harley-Davidson bisa menghasilkan 150 unit motor, dan meningkat jadi 154 unit pada 1908.
Harley kemudian memproduksi banyak model baru, seperti Sportster pada tahun 1957, Fat Boy di tahun 1990 dan Heritage Springer Softail yang klasik di tahun 1996 dan V-Rod di tahun 2001. Beberapa tipe Harley menjadi legenda dan menjadi idaman pecinta motor besar seperti Super Glide, Low Rider, dan Electra Glide.

Share This:

You may also like...