Gubernur NTT Hibahkan Rp9 Miliar untuk Jalan Nita-Rotat

MAUMERE—Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat mengalokasikan dana sebesar Rp9 Miliar dihibahkan ke Kabupaten Sikka untuk pembangunan ruas jalan Nita – Rotar pada 2022.

Gubernur menyatakan hal itu saat berdialok dengan pengurus KSP Kopdit Pintu Air yang dipimpin Ketua Yakobus Jano, Sekertaris I Magdalena Peni Lamak, Sekretaris II Agustinus Nong dan didampingi Ketua komite cabang Kupang Alosius Kamil serta tim percepatan pembangunan SPBU Kopdit Pintu Air Suit Bertus Amandus dan Tobias Paseli diruang kerja Gubernur saat beraudiens dengan Gubernur NTT pada Senin, 5 Oktober 2020.

Gubernur mengalokasikan dana sebesar 9 M itu menyusul penyampaian dari ketua pengurus KSP Kopdit Pintu Air bahwa kondisi jalan dari pertigaan Nita menuju kantor pusat KSP Kopdit Pintu Air di Rotat sepanjang 3 kilometer sudah berulang kali diusulkan baik melalui pemerintah Kabupaten Sikka maupun melalui DPRD Kabupaten Sikka tetapi tidak perna terealisasikan.

Menurut Jano ruas jalan itu sangat vital untuk diperhatikan oleh pemerintah kerena aktivitas dikantor pusat KSP Kopdit Pintu Air sangat padat baik kendaraan roda empat maupun roda dua.

“Total karyawan yang bekerja di kantor pusat banyak pegawai dan semuanya mempunyai kendaraan prinadi belum lagi Masyarakat sekitar,” keluh Jano.

Tambah dia Kondisi jalan sangat tidak memungkinkan dan butuh perbaikan berupa aspal dan turap pengamanan bahu jalan.

Mendengar keluh kesah tersebut Gubernur secara tegas mengatakan pihaknya akan menghibakan dana sebesar Rp9 miliar untuk pembangunan ruas jalan tersebut.

Hal ini dilakukan kerena status jalan Nita – Rotat tersebut adalah jalan Kabupaten yang seharusnya Bupati Sikka dan DPRD Kabupaten Sikka bertanggung jawab untuk memperbaiki jalan tersebut.

“Mengingat keluhan ini  maka saya akan memberikan dana ini kepada Kabupaten Sikka melalui Bupati Sikka dan saya tetap mengawasi agar dana itu harus dikerjakan fokus perbaikan jalan Nita – Rotat tahun 2022,” tegas Viktor Laiskodat.

Kehadiran pengurus KSP Kopdit Pintu Air bersama tim percepatan pembangunan SPBU  bertemu dengan Gubernur untuk meminta kehadiran Gubernur dalam rangka rencana peluncuran produk Minyak Kelapa Pintu Air.

Produk ini  akan diluncurkan bertepatan dengan hari sumpah pemuda 28 Oktober 2020 mendatang dan juga meminta rekomendasi dari pemerintah Provinsi untuk percepatan pembangunan SPBU yang menurut rencana akan di bangun di Desa Nita Kecamatan Nita Kabupaten Sikka dan Desa Duli Pali Kecamatan Ilebura Hokeng Kabupaten Flores Timur.

Dalam audiens itu Gubernur menyatakan siap hadir dan segera memproses rekomendasi agar rencana pembangunan SPBU harus terlaksana sesuai aturan yang berlaku. (Nivan)

Share This:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *