Gojek Wirausaha Berdayakan Perempuan

Ilustrasi-Foto: Katadata

JAKARTA—Perusahaan teknologi yang melayani jasa angkutan Gojek memberikan pelatihan bertajuk “Gojek Wirausaha” kepada ribuan perempuan Muslimat Nadhdlatul Ulama (MNU) serta Badan Otonom Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang bertajuk Gojek Wirausaha.

Chief of Corporate Affairs Gojek Nila Marita mengatakan, melalui Gojek Wirausaha ini ribuan ibu rumah tangga yang menjalankan bisnis dapat memanfaatkan teknologi dan ekosistem Gojek.Mereka menjadi pengusaha perempuan yang siap bersaing di era ekonomi digital.

“Kami mempunyai komitmen kepada para ibu dengan  memberikan materi pembelajaran untuk meningkatkan ekonomi Indonesia melalui UMKM,” ujarnya di Jakarta, Kamis (12/12/19).

Lanjut Nila lagi selama 2019 Gojek Wirausaha telah melatih 15.000 pelaku UMKM di beberapa kota seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Jogya, Bali, Cirebon, Malang, Banyuwangi dan Purwokerto.

Dalam Gojek Wirausaha para peserta UMKM akan diberi pelatihan dan tips serta materi seperti teori dan praktek manajemen bisnis, pemasaran digital, pengaturan keuangan dan transaksi non-tunai.

Program ini merupakan bagian dari upaya  Gojek mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Saat ini, ekonomi Indonesia hampir 99 persen ditopang oleh sektor tersebut. Kebanyakan dari mereka adalah pelaku usaha mikro.

“Pengusaha mikro ibarat panglima tanpa pasukan, sebab mereka menjalankan usahanya sendiri. Karena jumlahnya paling besar paling banyak perlu bantuan untuk menumbuhkan bisnis dengan baik,” kata Nila.

Gojek mencatat  jumlah mitra merchant perusahaan berbasis teknologi itu 500 ribu lebih. Sebanyak 96 persen di antaranya merupakan pelaku UMKM.

“Data perusahaan menunjukkan mitra UMKM yang bergabung dengan Gofood mengalami rata-rata peningkatan omzet 3,5 kali lipat,”  pungkas Nila.

Share This:

You may also like...