Friends Reunited Memelopori, Facebook Menenggelamkan

DIDIRIKAN tahun 2000, atau enam tahun sebelum Facebook, Friends Reunited adalah salah satu perintis jejaring sosial. Friends pernah mencapai nilai valuasi US$297 juta pada 2005. Namun situs ini hanya sempat populer di Inggris, sebelum resmi tutup buku pada 2016. Mereka dikalahkan jejaring sosial terkuat di dunia saat ini, Facebook.

Friends Reunited didirikan oleh tiga sahabat yang menginginkan bisa bercakap-cakap tatap muka jarak jauh dengan teman-teman lama mereka semasa sekolah. Sarana untuk itu pun tercipta. Hanya dalam kurun lima tahun, 15 juta orang menjadi anggota. Popularitas situs gaul ini mendorong perusahaan televisi Inggris, ITV, membeli Friends Reunited seharga hampir US$250 juta.

Situs ini sempat disebut-sebut sebagai salah satu penyebab perceraian atau pisahnya pasangan. Sebab, pengguna usil Friends Reunited memanfaatkan situs ini untuk menjalin hubungan alias menghidupkan kembali asmara ketika bersekolah. Istilah gaulnya, CLBK, cinta lama bersemi kembali.

Pasar tumbuh dinamis sejalan bertumbuhnya tuntutan konsumen. Salah seorang pendirinya, Steve Pankhurst, mengatakan ia tak bisa lagi mengongkosi operasional Friends Reunited, di samping menghadapi persaingan keras dengan penyedia layanan media sosial seperti Facebook. Data menunjukkan, pengguna aktif Facebook telah menembus angka 1,5 miliar menjadikannya sebagai media sosial terbesar.

Sejumlah pesaing coba menyangingi Facebook, di antaranya Ello, tapi sejauh ini belum membuahkan hasil. Yang terbaru adalah Peach, yang berambisi ingin ‘menggerogoti’ kedigdayaan pasar Facebook dengan menawarkan fitur-fitur unik. Sejauh ini posisi Facebook nyatanya masih terlalu tangguh untuk digusur.‚óŹ

Share This: