Forkom KBI dan Majalah Peluang Gelar Sarasehan IV Koperasi

PURWOKERTO—-Bertepatan dengan Peringatan Harkopnas ke 72 Tahun 2019, Majalah Peluang bekerja sama dengan Forum Komunikasi Koperasi Besar Indonesia (Forkom KBI) menggelar Sarasehan IV Koperasi dengan tema “Kolaborasi Koperasi Menjawab Persaingan di Era Revolusi Industri 4.0”. Kegiatan Sarasehan IV Koperasi ini dihadiri oleh jajaran Kementerian Koperasi dan UKM RI.

Ketua Panitia Sarasehan IV Koperasi Irsyad Muchtar mengatakan, Gerakan Koperasi dihadapkan pada tantangan yang sama di era Revolusi Industri 4.0 ini. Keterhubungan segala hal dengan internet menjadi salah satu agenda penting yang perlu disikapi secara bersama oleh para pegiat soko guru perekonomian.

“Sarasehan ini merupakan kelanjutan sarasehan pada tahun-tahun sebelumnya untuk menyamakan persepsi sekaligus menyiapkan langkah bersama untuk kemajuan gerakan Koperasi di tengah tantangan dan peluang revolusi industri,” ujar Irsyad di Hotel Aston, Purwokerto Jawa Tengah, Rabu (10/7).

Acara Sarasehan IV Koperasi diikuti oleh 171 orang peserta yang berasal dari 44 Koperasi Besar Indonesia.

Dalam menghadapi tantangan di era Revolusi Industri, Koperasi perlu meningkatkan kolaborasi baik dengan sesama koperasi maupun lembaga usaha lainnya. Kemampuan bersanding dalam bidang tertentu ini diyakini akan semakin meningkatkan daya saing koperasi.

“Peringatan Harkopnas 2019 dan Sarasehan IV ini merupakan momentum untuk semakin menguatkan kolaborasi koperasi,” ungkap Irsyad.

Salah satu agenda kolaborasi yang diusung adalah Revitalisasi Kawasan Tugu Monumen Kongres Koperasi I di Tasikmalaya. Seperti diketahui, Tugu Koperasi itu merupakan saksi bisu sejarah berlangsungnya Kongres Koperasi I Tahun 1947.

Revitalisasi tugu koperasi akan dilakukan tanpa menghilangkan fungsi dan keberadaan tempat bersejarah tersebut. Koperasi diharapkan melakukan investasi saham untuk pembangunan Tugu tersebut.

Dalam master plan yang disiapkan, nantinya di Tugu Koperasi akan dibangun museum koperasi, hotel, pasar dan pusat perbelanjaan UMKM, kantor dan ruang pertemuan Pusat Koperasi Kabupaten Tasikmalaya (PKKT) dan lainnya.

“Selain itu, tugu koperasi akan dipertahankan dan dibuat spot-spot foto yang instagramable, ujar Ketua Forkom KBI Iwan Setiawan.

Dalam kesempatan yang sama, digelar pula Business Gathering yang menampilkan produk dan layanan jasa Koperasi-koperasi. Melalui ajang tersebut, diharapkan terjadi kerja sama usaha yang saling menguntungkan.

Share This:

You may also like...