FKUI Produksi “Hand Sanitizer” untuk Masyarakat

Ilustrasi-Foto: Universitas Indonesia.

JAKARTA—Departemen Kimia Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) mengumumkan sejak Senin lalu telah mengumpulkan relawan untuk membuat cairan pencuci tangan (hand sanitizer) sebanyak 420 liter.

Pembuatan hand sanitizer ini dilakukan untuk memenuhi permintaan para pemesan.

“Kebanyakan yang memesan adalah para dokter dan dosen-dosen FKUI sendiri untuk dibagikan secara gratis ke sekolah-sekolah dan rumah sakit yang membutuhkan,” ujar Kepala Departemen Kimia FKUI Ade Arsianti dalam keterangannya di laman website UI, Selasa lalu.

FKUI hanya memberi harga Rp5.000 untuk setiap botol yang berisi 100 ml. Biaya itu disebut Ade hanya untuk mengganti bahan pembuatan beserta kemasannya.

“Niat kami hanya membantu, kami enggak ambil untung sama sekali. Kami hanya membantu untuk pembuatannya,” ujar Ade.

Produksi FKUI ini akan disalurkan di lokasi mana nantinya hand sanitizer yang telah dipesan menjadi kewenangan para pemesan.

Namun,Departemen Kimia FKUI juga memproduksi hand sanitizer yang akan diberikan secara cuma-cuma.

“Kami juga bagi-bagi gratis selama seminggu ini (dengan ketentuan) 100ml/orang, harus ambil sendiri di kantor kami mulai jam 13.00 WIB, tapi persediaan kami batasi 100 botol per hari,” ujar Ade.

Sesuai formula WHO Pihaknya menjelaskan, cairan pencuci tangan yang dibuat ini menggunakan formula yang dianjurkan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

“Kami buat seperti formula yang direkomendasikan WHO,” sebut dia.

Untuk relawan, pihak FKUI membatasi hanya 10 orang relawan per hari. Tidak ada persyaratan tertentu untuk menjadi relawan, hanya perlu melalui screening suhu tubuh dari pihak FKUI serta dipastikan bahwa relawan tersebut dalam kondisi sehat.

Saat ini, kebanyakan relawan berasal dari mahasiswa FKUI sendiri. Namun, perekrutan relawan tidak terbatas hanya kepada sivitas akademika UI, namun juga terbuka untuk umum.

Share This:

Next Post

Kementerian PUPR Pastikan Tiga Ruas Tol Beroperasi Jelang Musim Mudik

Kam Mar 19 , 2020
JAKARTA—Kementerian  Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) merilis tiga ruas tol, yaitu  Tol Manado-Bitung Seksi I, Tol Pekanbaru-Dumai, dan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Seksi Kayu Agung – Jakabaring, siap beroperasi menjelang musim mudik. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono berharap April 2020 tol tersebut sudah selesai konstruksinya sehingga bisa beroperasi mendukung kelancaran lalu […]