Fatsal Kelayakan Energi Alternatif

Banyak pilihan sumber enegi jika tak hendak terbelenggu pada pasokan energi konvensional. Turbinangin, panasbumi, tenaga ombak, hingga tenaga sampah tersedia. Energi alternatif ini memang punya kelebihan dan kekurangan. Tapi, tenaga surya dan tenaga nuklir dianggap tak cocok dengan kondisi geografis Indonesia.

MENGAPA kita butuh sumber energi alternatif?Pilihan itu akan memberi perlindungan pada saatkenaikan harga bahan bakar fosil, dan mengurangi ketergantungan pada negara-negara lain untuk pasokan minyak.Sumber energi alternatif akan membatasi konsumsi sumber energi tradisonal, di samping mengurangi pencemaran lingkungan dan efek negatif pada sumber daya alam seperti air, udara, hutan, dan lain-lain.Peningkatan penggunaan sumber energi alternatif pada akhirnya akan menciptakan lapangan kerja baru sehingga mempercepat pertumbuhan ekonomi.
Berikut sembilan sumber energi alternatif.
Tenaga Nuklir. Proses reaksi nuklir terkendali bisa menjadi sumber energi alternatif yang memiliki potensi amat besar. Proses nuklir tersebut dikenal pula sebagai reaksi fisi. Pada pembangkit listrik tenaga nuklir, panas yang dihasilkan oleh reaksi fisi digunakan untuk menguapkan air.Uap yang dihasilkan lantas digunakan untuk menggerakkan generator yang kemudian menghasilkan listrik.Survei yang dilakukan pada tahun 2007 menunjukkan bahwa sekitar 14% pasokan listrik dunia dipenuhi oleh pembangkit listrik tenaga nuklir.
Energi Biomassa. Materi biologis yang masih hidup atau telah mati disebut sebagai biomassa.Biomassa umum digunakan sebagai sumber bahan bakar atau untuk produksi industrial.Tanaman hidup, pohon mati, dan serpihan kayu merupakan bagian dari biomassa.Sekitar 0,5 listrik di Amerika Serikat tercatat dihasilkan dari energi biomassa.
Gas Alam. Sebelum digunakan, gas alam biasanya dikompresi terlebih dahulu hingga berubah wujud menjadi cair.Pembakaran gas alam memang masih menghasilkan gas rumah kaca. Namun, dibanding bahan bakar lain seperti bensin atau solar, emisi gas alam dianggap lebih bersih.
Panas Bumi. Ini sumber energi alternatif yang ekonomis, dapat diandalkan, dan ramah lingkungan.Panas bumi merupakan sumber energi yang dapat diperbarui sehingga bebas dari isu kelangkaan.Penggunaan tenaga panas bumi dapat dilacak jauhkebelakangsejak zaman Romawi kuno. Pada saat itu, masyarakat populer menggunakannyauntuk pemanas ruangan dan untuk keperluan mandi.Saat ini, panas bumi merupakan sumber energi alternatif untuk pembangkit listrik.
Pembangkit Listrik Tenaga Air. PLTAtampaknya masih menjadi sumber energi alternatif yang populer.Tenaga air merupakan sumber energi terbarukan sekaligus ramah lingkungan karena tidak menghasilkan limbah.Seterusnya, Tenaga Angin. Turbin angin lazim digunakan untuk mengubah energi angin menjadi listrik.Catatan menunjukkan, sekitar 1,5% pasokan listrik dunia dihasilkan oleh tenaga angin.Meskipun angka tersebut terbilang kecil, persentasenya selalu meningkat dari tahun ke tahun.Selanjutnya, Tenaga Matahari. Tenaga surya umum digunakan sebagai pembangkit listrik.Perkembangan teknologi memungkinkan sel surya semakin ringan, mudah diangkut, dan lebih efisien.
Energi Gelombang Laut. Seperti namanya, gelombang laut bisa digunakan untuk menghasilkan listrik.Teknologi ini, meskipun memiliki potensi besar, belum banyak digunakan.Rintangan utama dalam memperluas penggunaannya adalah dampak negatif yang akan terjadi pada lingkungan laut.Pembangkit listrik dari gelombang laut berpotensi mengganggu usaha penangkapan ikan sekaligus bentang alam alami lingkungan laut.
Energi Pasang Surut. Seperti energi dari gelombang laut, energi pasang surut juga belum banyak digunakan.Namun, para ahli melihat pasang surut sebagai sumber energi alternatif yang menjanjikan di masa depan.Pasang surut dianggap menjanjikan karena mudah diprediksi tidak seperti energi matahari dan angin.Salah satu faktor utama yang membuat teknologi pasang surut belum banyak diterapkan adalah biaya yang tinggi serta langkanya daerah yang memiliki perbedaan pasang surut besar.
Plus Minus Sumber Energi Alternatif
Berikut adalah kelebihan sumber energi alternatif.
Energi Terbarukan. Energi alternatif merupakan sumber energi terbarukan sehingga tidak akan terjadi krisis kelangkaan.Sumber energi seperti matahari dan panas bumi akan selalu tersedia dan tidak pernah habis seperti minyak bumi atau batubara.
Ramah Lingkungan. Energi alternatif tidak menghasilkan limbah yang akan membahayakan lingkungan dalam jangka panjang.Bahan bakar minyak yang digunakan untuk menjalankan mobil, misalnya, menghasilkan banyak gas yang berpengaruh buruk bagi lingkungan.
Sumber Energi Gratis. Dengan mengesampingkan biaya produksi, sumber energi alternatif tidak perlu dibeli.Sumber energi seperti sinar matahari, angin, dan air hanya membutuhkan biaya awal untuk instalasi untuk kemudian dapat berjalan dengan sendirinya.Hal ini tentu saja berbeda dengan minyak bumi atau batubara yang harganya selalu naik.
Pasokan Melimpah. Relevansi dari poin ini akan bervariasi untuk tiap lokasinya.Jika berada di daerah dengan banyak sinar matahari, maka Anda akan memiliki banyak pasokan energi surya.Demikian juga, jika Anda memasang kincir angin di daerah berangin, maka Anda akan menerima pasokan konstan energi angin.
Adapun kekurangan sumber energi alternatifadalah:
Biaya Instalasi Awal Tinggi. Biaya instalasi awal untuk pembangkit listrik dari energi alternatif relatif tinggi.Contoh, bendungan perlu dibangun untuk membuat PLTA.Membangun bendungan termasuk relokasi penduduk melibatkan biaya yang takkecil.
Penyimpanan dan Transportasi. Salah satu alasan utama mengapa energi alternatif belum digunakan secara luas adalah karena penyimpanan dan biaya transportasi yang masih tinggi.Teknologi kincir angin dan pembangkit listrik tenaga air telah semakin disempurnakan, tapisumber energi lain masih memerlukan banyak pemyempurnaan.
Tidak dapat Diandalkan. Sumber energi alternatif sangat bergantung pada faktor-faktor alami.Misalnya, jika terjadi kemarau panjang, tingkat produksi pembangkit listrik tenaga air akan terhambat.Demikian pula tanpa sinar matahari yang cukup, listrik yang dihasilkan juga akan berkurang.
Belum Efisien. Hingga saat ini, pembangkit dari sumber energi alternatif belum bisa beroperasi seefisien sumber energi konvensional.Teknologi yang tersedia saat ini belum cukup mampu menggantikan energi konvensional dengan energi alternatif.

RekomendasiuntukIndonesia

Tak semua sumber energi alternatif layak dan feasible dikembangkan di Indonesia.Sumber tenaga alternatif yang cocok dibangun yang bisa dimanfaatkan untuk pemenuhan arus listrik adalah sebagai berikut.
Tenaga Turbin Angin(Windmill). Kincir angin dibangun tinggi sekira diatas 30meter.Bilah-bilah pada kincir angin akan memutar getar yang berada di bawah tanah pada kincir tersebut, lalu gear tersebut memutar turbin dan selanjutnya disalurkan ke generator hingga menjadi arus listrik. Seperti di Belanda dan Belgia, yang memilih turbin angina untuk keperluan pembangkit listrik dan irigasi.

tenaga matahari
Tenaga Panas Bumi(Geothermal). Pembangkit tenaga yang satu ini juga sangat cocok dibangun di seluruhIndonesia, kecuali Kalimantan dan Babel. Dengan memanfaatkan uap panas di dekat daerah gunung berapi. Listrik dibangkitkandengan panas bumi melalui pengeboran.Dari lubang gas panas dimanfaatkan energiuntuk memanaskan ketel uap (boiler).Uapnya bisa menggerakkan turbin yang tersambung ke generator. Di Indonesia,geothermal sudah dibangundi wilayah Sulawesi Utara.
Tenaga Ombak(Wave). Sebagai negara maritim dengan garis pantai terpanjang di dunia, tenaga ombak sangat cocok diterapkan di Indonesia. Air laut yang memiliki arus yang cukup kuat masuk ke dalam terowongan lalu diteruskan untuk menggerakan turbin, selanjutnya disalurkan ke generator, akhirnya dihasilkan arus listrik. Beberapa negara yang sudah menggunakan energi ini untuk keperluan pembakit listrik yaitu Norwegia di negara Skandinavia dekat dengan Baltik.
Tenaga Air(Water). Dengan memanfaatkan sungai yang memiliki arus yang deras, pembangunan PLTA diharuskan membangun bendungan. Sungai yang memiliki arus yang deras ditampung dan masuk kedalam terowongan dari permukaan sungai yang lebih tinggi. Kemiringan membuat arus air mengalir lebih kencang untuk memutarkan turbin. Kelemahan dari PLTA adalah saat debit air sungai menurun. Sebaliknya, bila pasokan debit air berlebihan, turbin akan berputar lebih kencang dan menghasilkan listrik sesuai dengan kemampuan turbin. Semuapulau besar di Indonesia memiliki PLTA, terutama Sumatera dan Jawa.
Energi Sampah(Biomass). Inilah energi alternatif yang paling unik. Siapa bilang sampah tidak bisa digunakan apa-apa lagi dan tidak memiliki nilai ekonomis?Tidaksedikit saudara-saudara kita yang bekerja sebagai pemulung dan pengepul barang bekas bisa hidup darisampah.Namun, ternyata sampah juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif yang bernama PLTSa(Pembangkit Listrik Tenaga Sampah). Di antara
Jepang dan Koreaadalahduanegara yang sudah menggunakan energi ini. Cara kerja dari pembangkit tipe ini pertama sampah harus dipilah terlebih dahulu terutama yang masih dapat didaur ulang dan yang tidak. Setelah itu lalu dimasukkan ke dalam Insenerator, agar pembakaran sampah ini tidak berbahaya bagi lingkungan.Di dalam insenarator suhu pembakarannya harus diatas 1.300ºC.
Asap yang keluar dari lubang pembakaran juga dikendalikan agar memenuhi emisi gas buang sehingga tidak berbahaya bagi lingkungan. Dari proses pembakaran di insenerator, panas lalu disalurkan untuk memanaskan boiler lalu ke turbin dan disalurkan ke generator dan akhirnya menjadi arus listrik. Sisa pembakaran yang berupa abu bisa digunakan untuk membuat bahan material baru seperti batako dan batu bata. Bahkan bisa dicampurkan ke dalam adonan untuk pembutan asbes atau bahan bangunan lainnya. Kota Bandung, Jawa Barat,sudah menerapkan pembangkit jenis ini.
Sumber energi Tenaga Suryakurang cocok diterapkan di Indonesia(menurut ahli listrik).Sebagai negara tropis, justru banyak terdapat awan yang menutup jalannya sinar matahari, ditambah dengan cuaca tidak bersahabat(hujan,mendung,badai,dan sebagainya).Tenaga nuklir pun sebenarnya tidak cocok. Indonesia rentan dengan bahaya gempa kecuali Pulau Kalimantan dan Bangka Belitung. Pembangunan nuklir memang harus sedekat mungkin dengan laut untuk keperluan pendinginan generator dan turbin.

Share This:

You may also like...