Fatry Maulia, Cinta Batik dengan Bolu Gulung

Fatry Maulia (tengah) sewaktu diundang acara Teras Sore Stasiun Televisi Elshinta-Foto: Dokumentasi Pribadi.

BEKASI-—Jatuh cinta pada motif batik nusantara warisan nenek moyang diwujudkan ibu rumah tangga dari Bekasi ini dengan menghasilkan produk kuliner.  Fatry Maulia, nama itu mewujudkannya dengan membuat bolo gulung batik yang menjadi produk unggulan usahanya dengan brand Gallery Cakes & Cookies.

“Awal bisnis Gallery Cakes & Cookies berawal dari saya memutuskan untuk undur diri dari dunia kerja kemudan mencari kegiatan yang masih berhubungan dengan hobi memasak.  Saya kursus baking sebelum mendirikan usaha. Alhamdullilah menghasilkan uang,” ujar Fatri kepada Peluang, Selasa (10/12/19)

Dengan modal awal Rp2,5 juta Fatry memproduksi aneka macam kue, seperti bolu gulung batik,bolu gulung susu dan olahan kolang kaling. Dia memulai usahanya pada 2017.  Mulanya dia hanya memasarkan produknya  di sekitar lingkungan rumah, saudara dan lingkungan sekolah anaknya.

Seperti banyak UKM lain,  Fatri  menghadapi kendala pada  sektor pemasaran.  Dia hanya berjualan dengan sistem pesanan yang masuk.  Cara memasarkannya dengan memanfaatkan media daring, seperti Facebook dan Instagram.   

Kini, kerap mengadakan pelatihan cara membuat bolu batik.  Tujuannya agar para ibu dan generasi muda bisa melanjutkan dan melestarikan bolu batik ini.Ke depannya Fatri ingin mengembangkan usahanya dan membuat workshop sendiri. 

Jerih payah Fatry rupanya terpantau oleh Kementerian Koperasi dan UKM. Beberapa waktu lalu ia mendapatkan penghargaan dan bantuan modal.

“Rencananya digunakan  membeli alat baking berupa mixer planetary utk menunjang produksi saya,” ujar dia.

Fatry Maulia melakukan kegiatan pelatihan untuk para ibu.

Fatry masih mempunyai keinginan produk unggulannya menjadi salah satu cenderamata untuk para tamu negara ataupun turis asing yang datang berkunjung ke Indonesia.

“Saya ingin bolu batik jadi buah tangan para turis,” pungkasnya (Irvan Sjafari).

Share This:

Next Post

Transjakarta Bagikan Dividen Senilai Rp40 Miliar

Sel Des 10 , 2019
JAKARTA — PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) membagikan dividen perusahaan kepada para pemegang sahamnya.  Dividen ini  diambil dari 10 persen laba bersih tahun buku 2018 yang dihasilkan selama 2019, setara dengan Rp 40 miliar. Direktur Utama PT Transjakarta Agung Wicaksono mengatakan laba bersih yang dihasilkan oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) […]